oleh

DPRD Tetapkan Perda Perusda, Bupati Segera Seleksi Direksi

TIMIKA – Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyertaan Modal untuk dua perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Mimika sudah ditetapkan oleh DPRD Mimika. Sebelum mengeluarkan anggaran untuk penyertaan modal, Pemda segera menentukan direksi.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH yang ditemui di Gedung DPRD Mimika, Selasa (13/10) kemarin menjelaskan mengenai dua Perusda yang dibentuk. Dimana Perusda tersebut akan mengelola aset daerah milik Pemda Mimika.

Ia kembali menegaskan dua Perusda itu tidak berkaitan dengan pengelolaan 7 persen. Sebab Perusda yang mengelola saham dibuat oleh Pemprov Papua dan Pemda Mimika sebagai pemegang 7 persen saham mengalokasikan anggaran untuk pengurusan dokumen sebesar Rp 2,1 miliar.

Perusda salah satunya PT Mimika Abadi Sejahtera yang akan menglola aset Pemda Mimika nantinya mendapat suntikan dana sebagai modal senilai Rp 10 miliar. Itupun kata Bupati dibayarkan dalam tiga tahun. Pada tahun pertama Rp 3 miliar, kedua Rp 4 miliar dan ketiga Rp 3 miliar.

Namun sebelum Pemda mengucurkan modal, terlebih dahulu dilakukan penetapan direksi yang akan mengelola. Pemilihan melalui proses seleksi melibatkan konsultan dan pembentukan panitia. “Setelah ditetapkan oleh DPRD, kita seleksi pengurus dulu, kita akan umumkan secara terbuka,” ungkapnya.

Siapapun lanjutnya, bisa mengikuti proses seleksi asalkan memenuhi syarat yang nantinya ditetapkan. Bupati juga menegaskan bahwa penentuan direksi tidak dengan cara penunjukkan secara langsung, tapi ada proses. Setelah pengurus terbentuk, maka direksi ini yang akan mengurus kelengkapan dokumen perusda dan Pemda bisa menyertakan modal. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *