oleh

Jalan Akses Bandara Diselesaikan Tahun Ini

TIMIKA – Dalam rangka percepatan penyelesaian pembangunan fasilitas Bandara Mozes Kilangin di sisi selatan, pembangunan tidak hanya ditangani oleh Dinas Perhubungan, tapi juga dinas teknis lainnya. Salah satunya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang membangun akses jalan.

Kepala Dinas PUPR Mimika, Robert Mayaut yang ditemui di Hotel dan Resto Cenderawasih 66 usai mengikuti suatu kegiatan, Rabu (14/10) kemarin mengatakan, untuk mengejar target operasional terminal Bandara Mozes Kilangin, maka akses jalan dibangun oleh Dinas PUPR dan parkiran oleh Dinas Perhubungan.

Akses jalan yang terhubung sampai di terminal penumpang baru kata Robert diselesaikan tahun ini full hotmix. Meskipun anggaran mengalami refokusing dan realokasi tapi sesuai kontrak, pihak kontraktor diharap tetap menyelesaikan pekerjaan dan pembayaran dituntaskan tahun depan. “Harapan kita tentu ya bisa diselesaikan,” katanya.

Jalan akses bandara yang sudah selesai juga mulai ditata dan dilengkapi dengan median. Robert mengungkapkan, konstruksi median jalan dibuat lebih tinggi dari median biasanya. Tingginya sekitar 70 sampai 80 centimeter. “Median jalan kita buat agak tinggi supaya orang tidak menyeberang. Terus kedua, median tinggi juga untuk menghindari (silau) sorotan lampu dari arah berlawanan,” jelasnya.

Adapun anggaran yang dialokasikan untuk peningkatan akses Bandara Mozes Kilangin senilai Rp 13,4 miliar dikerjakan oleh PT Karya Mandiri Permai. Kontrak menerapkan multiyears. Hanya saja untuk bundaran belum bisa dikerjakan karena masih terkendala pembebasan lahan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *