oleh

Seluruh Keuntungan Dua PT BUMD Harus untuk Masyarakat Amor

TIMIKA – Seluruh hasil keuntungan dari dua Perusahaan Terbatas (PT) BUMD diminta sebesar-besarnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat Mimika, terlebih bagi warga Suku Amungme dan Kamoro.

Fraksi PDI Perjuangan DPRD Mimika meminta seluruh hasil laba atau keuntungan dari penyertaan modal oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika baik kepada PT Papua Divestasi Mandiri dan PT Mimika Abadi Sejahtera, wajib hukumnya agar dipergunakan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat Mimika, khususnya bagi masyarakat Suku Amungme dan Kamoro sebagai pemilik ulayat adat.

Bendahara Fraksi PDIP, Thobias Albert Maturbongs, Selasa (13/10) mengungkapkan jika Raperda Penyertaan Modal itu merupakan hal yang urgent agar pemerintah mempunyai payung hukum yang kuat.

Dengan dua PT itu Kabupaten Mimika kini tidak lagi bergantung pada pajak dan retribusi sebagai Pendapatan Asli Daerah PAD Mimika. Dua BUMD itu memiliki peran strategis untuk menggali sumber pendapatan lainnya guna meningkatkan PAD.

Thobias Albert Maturbongs menambahkan, fraksi PDIP berpendapat langkah pemerintah mengoptimalkan peranan PT Mimika Abadi Sejahtera lewat penyertaan modal merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan PAD yang lebih signifikan.

Langkah pemerintah dalam melakukan ekspansi melalui penyertaan modal kepada PT Papua Divestasi Mandiri yang merupakan BUMD Provinsi Papua, merupakan langkah yang baik dalam menciptakan alternatif peluang terhadap PAD Mimika.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *