oleh

Penggunaan APBD-P 2020 Harus Mengacu Pada KUPA dan PPAS

TIMIKA – Pelaksanaan APBD Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2020 yang sudah ditetapkan, diharapkan tetap mengacu pada Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Nota Kesepakatan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang sudah disepakati bersama antara legislatif dan eksekutif.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Mimika, Robby K Omaleng, Kamis (15/10). Robby mengatakan, dengan telah disepakatinya APBD-P dan telah dilakukan refocusing atau pergeseran antar program dan kegiatan, maka hal ini dilakukan untuk menjawab semua kebutuhan yang disesuaikan dengan penyelenggaraan roda pemerintahan pada tahun anggaran berjalan dan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat.

Lanjutnya, termasuk relokasi dana yang dianggap sangat diperlukan dalam penanganan Covid-19 harus dapat terealisasi dengan baik disamping program kegiatan yang lain.

Robby berharap dengan kondisi tidak normal yang tidak terprediksi sebelumnya di Kabupaten Mimika, yaitu terjadinya wabah pandemi Covid-19, diharapkan kepada pemerintah dapat melakukan pengeluaran yang belum tersedia anggarannya yang selanjutnya akan diusulkan dalam Rancangan APBD Perubahan.

“Pemerintah bersama DPRD dan OPD terkait bersama stakeholder dan seluruh masyarakat telah banyak melakukan upaya-upaya dan kebijakan untuk pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19, dan hal tersebut akan berpengaruh terhadap keuangan daerah,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *