oleh

DPRD Minta Keuangan Daerah Dikelola Transparan

TIMIKA -DPRD Mimika meminta Pemkab Mimika untuk mengelola keuangan APBD Perubahan 2020 dengan transparan, guna menghadirkan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Aleks Tsenawatme, Kamis (15/10) usai rapat paripurna pengesahan APBD-P Tahun 2020.

Diungkapkan Aleks, DPRD menilai refocusing atau pergeseran anggaran yang terjadi dalam APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020 terjadi, karena keadaan tidak normal yang tidak terprediksi, yaitu pandemi global Covid-19 yang juga terjadi di Kabupaten Mimika.

Senada dengan yang diungkapkan Ketua DPRD, Robby Kamaniel Omaleng, Aleks yang Politisi Partai Nasdem ini meminta pemerintah untuk menerapkan prinsip transparansi, dalam pengelolaan tata keuangan pada APBD Perubahan. Hal ini mencerminkan akuntabilitas yang dapat dinilai oleh publik.

“Penggunaan anggaran pada setiap tahunya ini harus dilaksanakan dengan transparan oleh pemerintah, demi kepentingan masyarakat yang lebih maju dan sejahtera lagi,” kata Aleks.

Pemerintah sebut Aleks, berkewajiban mempertanggungjawaban keuangan dan pelaksanaan kegiatan sehingga dapat menunjukkan tingkat pencapaian, tujuan dan pelaksanaan kinerja pemerintah guna menghadirkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat.

Aleks menambahkan, penerimaan dana perimbangan dari pemerintah pusat, yang mengalami penurunan juga menjadi menyebabkan utama terjadinya defisit anggaran dalam APBD Pemkab Mimika Tahun Anggaran 2020. Hal tersebut sangat mempengaruhi realisasi program dan kegiatan di Mimika.

Selanjutnya pemerintah diminta untuk fokus pada program berskala prioritas, yang benar-benar diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan, dalam menghadapi situasi terkini di Kabupaten Mimika.

DPRD mendorong pemerintah untuk mengutamakan program pengembangan SDM, berupa pelatihan keterampilan produksi lokal berbasis daerah untuk menciptakan ketahanan pangan, dan pemulihan ekonomi dalam menghadapi pandemi covid-19. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *