oleh

Polres Mimika Lidik Enam Kasus Penipuan Online

TIMIKA- Kasus penipuan online saat ini mulai marak kembali. Di mana dalam kurun waktu dua bulan belakangan ini Polres Mimika, telah menerima sekitar enam laporan pengaduan terkait kasus penipuan online.

Hal itu disampaikan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Hermanto, SH SIK kepada Radar Timika, Kamis (15/10) lalu.

Kata dia, dari laporan pengaduan yang dilaporkan oleh masyarakat ke pihak kepolisian, rata-rata adalah korban penipuan online.

“Minggu lalu ada satu laporan polisi lagi, mengenai penipuan online. Jadi kalau mau totalkan sejak saya jabat Kasat Reskrim ini, sudah ada sekitar enam laporan dan rata-rata itu belanja online,”ucap AKP Hermanto.

Bahkan menurut Kasat Reskrim, bahwa nilai kerugian korban pun selalu bervariasi, mulai dari Rp 1 juta hingga puluhan juta.

“Variasi, ada yang Rp 1 juta, lalu Rp 3 juta, bahkan ada yang sampai Rp 20 juta. Jadi uangnya ditransfer tapi barangnya tidak datang-datang,”jelasnya.

Sehingga dalam kesempatan itu, Kasat Reskrim mengimbau kepada seluruh masyarakat Mimika, agar lebih berhati-hati dan waspada saat akan membeli suatu barang melalui sistem online.

“Kita selalu ingatkan agar jangan mudah percaya. Intinya lebih waspada saja dan kalau memang mau beli suatu barang, harus benar-benar pastikan dulu kebenarannya,”imbuhnya. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *