oleh

9.705 Peserta BPJAMSOSTEK Belum Klaim JHT

TIMIKA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika mengimbau pekerja yang berada di Kabupaten Mimika dan Nabire yang telah memasuki usia pensiun, yakni 56 tahun untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry Boekan kepada Radar Timika, Senin (19/10) mengungkapkan sejauh ini sebanyak 9.705 pekerjan yang sudah memasuki usia pensiun tapi belum mencairkan dana JHT.

Pengajuan klaim JHT di masa pandemi ini dikatakan Verry dapat dilakukan melalui protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) yang sudah diimplementasikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika sejak Maret 2020.

Selain itu peserta semakin dimudahkan dengan layanan online. Bahkan peserta bisa memilih lokasi kantor cabang mana saja yang tersedia. Sebab seluruh proses dan data BPJAMSOSTEK telah terkoneksi secara online dengan tetap mengikuti prosedur yang berlaku.

Verry mengatakan, pengajuan secara online cukup dengan melakukan registrasi melalui Aplikasi BPJSTKU atau situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selanjutanya pilih tangga, waktu pengajuan dan kantor cabang yang tersedia.

Setelah itu lanjut Verry, peserta tinggal scan atau memindai semua dokumen yang dipersyaratkan termasuk forumulir klaim JHT yang sudah terisi lengkap. Dokumen itu dikirim melalui email kantor cabang tujuan yang sudah dipilih sebelumnya.

“Kirimkan dokumen yang sudah dipindai melalui link yang diterima pada email yang telah didaftarkan paling lambat satu hari sebelum tanggal pengajuan,” ujar Verry.

Mengingat layanan berbasis online, maka email dan nomor HP yang didaftarkan terhubung dengan aplikasi WhatsApp dan selalu aktif selama proses pengajuan klaim. Sebab informasi dan konfirmasi akan dilakukan oleh petugas BPJAMSOSTEK melalui panggilan video atau video call.

Ketika video call seluruh dokumen asli harus ditunjukkan. Jika dokumen dinyatakan lengkap maka pengajuan akan diproses lebih lanjut dan klaim JHT akan ditransfer ke rekening bank milik peserta.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *