oleh

Guru-guru Timika Ikuti Pelatihan Guru Siaga Bencana

TIMIKA – Baznas Kabupaten Mimika mengadakan kegiatan program pemanfaatan board game SIAGA, dengan metode game based learning bersama dengan Ludere Nusantara (Ludenara), yayasan yang fokus akan peningkatan mutu pendidikan dengan pemanfaatan game.

Pelatihan yang diadakan secara virtual ini diikuti oleh 1000 guru dari seluruh Indonesia dan guru-guru perwakilan dari Kabupaten Mimika dari Baznas Mimika, BTB Kabupaten Mimika, Sekolah Islam Terpadu Permata Papua, Smart Kids dan SMK Yapis Timika.

Ketua Baznas, Umar Habib, Selasa (20/10) mengatakan, board game SIAGA hadir sebagai media edukasi untuk pengurangan resiko bencana untuk diajarkan ke murid-murid sekolah darurat tersebut. Game based learning SIAGA menjadi alat edukasi kebencanaan untuk pendidikan dasar dan menengah.

Pelatihan tentang mitigasi bencana pada guru diperlukan di daerah bencana. Pada sesi pertama dalam kegiatan pelatihan guru SIAGA ini adalah menggali pemahaman guru terkait hal positif. Dalam pelatihan ini, para guru diajak untuk memainkan board Game SIAGA dengan berbagai macam cara bermain dengan memanfaatkan setiap elemen dalam Board Game tersebut. Dalam pelatihan ini guru diajak untuk memainkan board Game SIAGA dan kemudian dipaparkan manfaat dan kegunaannya.

Selanjutnya setelah pelatihan guru game based learning siaga ini peserta mengimplementasikan kegiatannya pada siswa-siswi di sekolah masing-masing dan mengirimkan tulisan inspiratif cara memainkan siaga di sekolahnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *