oleh

Klaim BPJAMSOSTEK Terus Meningkat

TIMIKA – Tingginya angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di masa pandemi Covid-19, berdampak pada meningkatnya klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK). Hingga saat ini BPJAMSOSTEK Cabang Mimika sudah membayarkan klaim sebesar Rp 146 miliar.

Angka ini menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry Boekan terus bertambah. Kurang dari satu bulan ada peningkatan sekitar Rp 11 miliar. Pada akhir September lalu total klaim Rp 135 miliar namun saat ini sudah mencapai Rp 146 miliar.

Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) tercatat cukup tinggi sebanyak 6.501 kasus atau senilai Rp 138 miliar. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 98 kasus dengan total pembayaran Rp 5,9 miliar. Jaminan Kematian sebanyak 59 kasus dengan pembayaran Rp 2,3 miliar. Jaminan Pensiun sebanyak 627 kasus dengan nilai Rp 826 juta.

Angka ini diprediksi akan terus meningkat. Apalagi tercatat masih ada ribuan peserta yang sebenarnya sudah memasuki usia pensiun tapi belum mengajukan klaim JHT maupun JP kepada BPJAMSOSTEK Cabang Mimika.

Verry mengatakan untuk pengajuan klaim, peserta sangat dimudahkan karena bisa dilakukan secara offline atau datang langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika di Jalan Cenderawasih tapi juga bisa secara online.

Untuk layanan offline meskipun dilakukan di kantor tapi dipastikan tidak ada kontak fisik karena penerapan protokol kesehatan. Petugas dan peserta berkomunikasi melalui video conference pada bilik yang sudah disediakan untuk verifikasi data.

Sedangkan layanan online melalui LAPAK ASIK dapat diakses melalui internet sehingga peserta dapat upload berkas untuk nantinya diverifikasi dan dihubungi oleh petugas melalui video call.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *