oleh

Harmonisasi Eksekutif dan Legislatif Tuntaskan Program 2020

TIMIKA – Harmonisasi dan sinergi di antara pemerintah baik eksekutif dan legislative, merupakan modal yang kokoh dalam menuntaskan program dan proyek dalam APBD Perubahan 2020. Demikian diungkapkan Legislator Fraksi PKB Mimika, Amandus Gwijangge, Jumat (23/10).

Fraksi PKB DPRD Mimika sebutnya, menilai harmonisasi dan sinergi di antara eksekutif dan legislatif sebagai mitra sejajar, merupakan modal yang kokoh dalam keoptimisan menyelesaikan program dan kegiatan dalam APBD, terutama setelah ditetapkan perubahannya.

Amandus mengungkapkan, pentingnya kebersamaan dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah, serta aset dan investor yang merupakan kekayaan daerah. Dengan menjunjung azas transparansi dan tata akuntabilitas, sehingga dapat meminimalisir potensi penyimpangan dan out-putnyapun dapat mengedukasi masyararakat.

“Harmonisasi dan sinergi antara eksekutif dan legislatif sangat diperlukan guna menuntaskan program di tahun ini yang tersisa dua bulan ke depan ini,” ungkapnya.

Selanjutnya kata Amandus, Fraksi PKB mendukung target penyelenggaraan tugas pemerintah daerah, tidak hanya di dalam ruang sidang namun sampai realisasi tuntas di lapangan. Ini sebagai rasa tanggung jawab dalam kebersamaan sesuai fungsi DPRD, sebagai representasi aspirasi rakyat Mimika untuk pelayanan murni kepada masyarakat.

Fraksi PKB juga mewanti pada pengadaan barang dan jasa, yang menjadi asset pemerintah termasuk pengadaan tanah di 3 lahan, agar benar-benar dikelola untuk kepentingan masyarakat semata.

Selanjutnya Fraksi juga menyarankan, agar pemerintah melakukan studi komparansi dan kelayakan agar ke depan, bisa memberikan solusi kepada publik, bila timbul tantangan pada penyelenggaraan program tersebut.

Legislator asal PKB itu menambahkan, sinkronnya antara perencanaan dan pelaksanaa program pemerintah, akan membawa nilai peningkatan kesejahteraan bagi warga Mimika.

Segenap Legislator DPRD Mimika diingatkannya, untuk tetap menjaga komitmen sebagai perwakilan dari aspirasi masyarakat, serta mampu menjaga konsistensi demi kesejahteraan umum. Tetap solid menjaga marwah fungsi lembaga legislative, dengan bermitra bersama pemerintah daerah sebagai pihak eksekutif, untuk menjaga dan meningkatakan stabilitas daerah Mimika tercinta. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *