oleh

PLN Siapkan Operator untuk Nyalakan Kokonao dan Agimuga

TIMIKA – Jaringan sudah terpasang bertahun-tahun. Tapi listrik tak juga menyala. Ini terjadi di beberapa distrik dan kampung seperti Agimuga, Kokonao Distrik Mimika Barat dan Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Timika, Martinus Pasensi kepada wartawan di kantornya, Selasa (27/10), mengatakan jaringan sudah dibangun dari tahun sebelumnya. Mesin pembangkit untuk dua distrik yakni Agimuga dan Kokonao, Mimika Barat juga sudah ada. Hanya saja tenaga operator untuk mengoperasikan pembangkit itu belum ada. “Mesin sudah siap sejak bulan Maret atau April. Begitu siap kita lagi siapkan saat ini adalah operatornya,” katanya.

Agar kedua distrik itu bisa secepatnya menikmati listrik, PLN mengupayakan untuk menempatkan operator. Dari pihak distrik sebenarnya sudah menyiapkan, tapi harus diseleksi oleh PLN untuk memastikan ketentuan. Jika memenuhi syarat maka, operator masih harus menjalani pelatihan sebelum ditempatkan.

Pembangkit di dua distrik itu kata Martinus memang membutuhkan operator, karena merupakan pembangkit listrik tenaga diesel. Berbeda dengan Amar dan Potowayburu yang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya.

Martinus belum bisa memastikan kapan listrik bisa menyala di Agimuga dan Kokonao, karena semuanya tergantung kesiapan operator. “Memang Kokonao dan Agimuga jaringan sudah siap, mesin sudah siap. Operator kami minta didatangkan untuk pelatihan. Operator harus siap dulu sebelum mesin didistribusi,” ujarnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *