oleh

Bandara Mozes Kilangin Didukung Pasokan Listrik 2 MW

TIMIKA – Untuk mendukung operasional Bandara Mozes Kilangin, khususnya yang berada di sisi Selatan, dibutuhkan pasokan daya listrik yang tidak sedikit. Menjawab kebutuhan itu, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika telah memasok listrik dengan daya 2 megawatt.

Manager PT PLN UP3 Timika, Martinus Pasensi kepada wartawan pada Selasa (27/10) lalu, mengatakan Unit Penyelenggara Bandar Udara Mozes Kilangin masuk dalam kategori pelanggan premium sehingga menjadi prioritas dalam pelayanan.

PLN kata Martinus saat ini juga sedang menata alur jaringan dari pembangkit sampai di Bandara Mozes Kilangin. Hanya saja PLN masih akan berkoordinasi dengan Pemda Mimika dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengenai titik penempatan tiang jaringan. “Kami dalam tahap pembangunan jaringan dua jalur,” katanya.

Agar pelayanan untuk Bandara Mozes Kilangin sebagai salah satu objek vital maka PLN juga sedang mengusulkan ke PLN Wilayah Papua dan Papua Barat untuk menggunakan kabel bawah tanah agar minim gangguan.

Dengan adanya dukungan pasokan listrik dari PLN maka Bandara Mozes Kilangin pada sisi selatan kini tidak perlu khawatir lagi. Apalagi PLN Timika tidak lagi mengalami defisit daya karena sudah memiliki dua pembangkit yakni PLTD yang ditempatkan di area kantor dan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas di Pomako. “Untuk Bandara Mozes Kilangin, listrik sudah kita siapkan dua megawatt. Jadi dari sisi ketenagalistrikan kita sudah siap. Sampai untuk tahap pengoperasian kita juga sudah siap,” ujarnya.

Martinus menambahkan, saat ini cadangan atau surplus pasokan listrik yang cukup untuk mendukung pembangunan di Mimika. Tidak hanya untuk fasilitas pemerintahan, PLN juga bersedia melayani atau menyediakan pasokan listrik untuk kalangan swasta seperti pusat perbelanjaan seperti yang sudah dilakukan untuk beberapa usaha di Timika.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *