oleh

Dua Prajurit Kodim 1710/Mimika Akan Bertugas ke Lebanon

TIMIKA – Dua anggota Kodim 1710/Mimika yakni Kopda M Khaerudin Heremba dan Kopda Erson Sapan, terpilih untuk bergabung bersama Kontingen Garuda (Konga) untuk melaksanakan tugas mulia, sebagai pasukan penjaga perdamaian dunia di Libanon.

Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya yang dikonfirmasi Radar Timika, Rabu (28/10) lalu mengatakan, dua anggota Kodim 1710/Mimika itu bersama 850 prajurit yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-O/Unifil Libanon.

“Keduanya kini akan berangkat ke Libanon, untuk melaksanakan tugas mulia dari Negara sebagai pasukan penjaga perdamaian dunia,”ujarnya.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, bahwa saat ini kedua prajurit terbaik dari Kodim 1710/Mimika itu telah berada di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) di Bogor, guna persiapan keberangkatan ke Lebanon.

“Rencana berangkat nanti tanggal 22 Desember 2020, dan penugasannya selama 1 tahun yakni sampai Januari 2022,”kata Letkol Yoga.

Kemudian kata Letkol Yoga, selama berada di PMPP Bogor dua anggota Kodim 1710/Mimika itu, bersama 850 prajurit yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-O/Unifil Libanon, menjalani tes kesehatan jiwa, kesehatan umum, garjas, komputer, Bahasa Inggris dan mengemudi.

Mereka juga mendapatkan materi pelatihan antara lain Bahasa Inggris, Bahasa Arab, cara membantu kesulitan masyarakat Libanon. Kemudian adat istiadat masyarakat Lebanon, cara mengatasi konflik yang terjadi, dan yang paling utama adalah membantu PBB dalam memulihkan perdamaian timur tengah, khususnya di perbatasan Libanon dan Israel.

Dandim juga menambahkan, bahwa TNI hingga saat ini masih aktif dalam turut serta menjaga perdamaian dunia, yang tergabung dalam Kontingen Garuda atau yang lebih dikenal dengan istilah Konga.

Di mana Indonesia mulai turut serta mengirim pasukannya sebagai bagian pasukan penjaga perdamaian PBB sejak 1957. Personel yang dikirimkan dalam tugas khusus ini, adalah prajurit-prajurit terbaik bangsa yang sudah melalui berbagai seleksi.

“Sehingga terpilihnya kedua prajurit terbaik ini merupakan wujud nyata semangat sumpah pemuda di Papua, yang akan terus berkobar dalam mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”tegas Letkol Yoga.

Untuk diketahui bahwa Kopda M Khairudin Heremba sendiri dalam kesehariannya, merupakan anggota Kodim 1710/Mimika yang menjabat sebagai Babinsa Koramil 1710-06/Agimuga. Sementara untuk Kopda Erson Sapan, kesehariannya menjabat sebagai Tamudi Pokko Kodim 1710/Mimika. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *