oleh

Tambahan Dana Covid-19 Masuk Pos BTT APBD Perubahan

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika tetap mengalokasikan anggaran untuk penanganan. Tambahan anggaran itu dialokasikan pada pos Belanja Tak Terduga (BTT) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) Tahun 2020.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Mimika, Marten Mallisa yang ditemui di kantornya, Senin (2/11) kemarin memastikan adanya alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 pada pos BTT. Itu sebagai tambahan dari anggaran awal yang sudah digunakan sebesar Rp 237 miliar.

Pemda menambah anggaran BTT karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Sehingga tetap dialokasikan anggaran untuk penanganan. “Kita tidak tahu kapan Covid-19 berakhir dan anggaran itu memang sudah kita siapkan di BTT,” katanya.

Dinas Kesehatan Mimika diungkapkan Marten mengajukan anggaran tambahan Rp 29 miliar, tapi karena itu disampaikan setelah adanya persetujuan DPRD maka ditempatkan di BTT. Berbeda dengan RSUD Mimika yang memang mengusulkan sebelum persetujuan sebesar Rp 5 miliar.

Ia tidak mengetahui berapa besar tambahan anggaran tapi menurutnya tidak mencapai Rp 100 miliar. Anggaran tidak dialoasikan ke dinas tapi pada pos BTT dan untuk pemakaiannya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Jadi dikatakan Marten, sekalipun tidak ada pos anggaran spesifik pada OPD misalnya Dinkes tapi alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 tetap ada. Termasuk untuk Dinkes Mimika yang mengajukan Rp 29 miliar nantinya diambil dari BTT yang sudah ditetapkan asalkan kepentingannya untuk penanganan Covid-19. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *