oleh

Badan Kesbangpol Gelar Dialog Lintas Parpol

TIMIKA – Dalam rangka peningkatan pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Dialog Lintas Partai Politik pada Kamis (5/11) di Bobaigo Keuskupan Timika yang dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulianus Sasarari.

Kegiatan dihadiri oleh berbagai elemen mulai dari tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan pengurus serta anggota parpol. Ketua DPRD Mimika, Roby Kamaniel Omaleng juga hadir sebagai narasumber serta empat fraksi dari DPRD Mimika yakni Fraksi Golkar, Gerindra, Nasdem dan PDI Perjuangan.

Kegiatan ini sempat menuai protes dari salah satu partai politik karena pihak penyelenggara hanya menghadirkan empat fraksi. Sementara di DPRD Mimika ada enam fraksi. Dari panitia menyatakan semua fraksi sudah diundang tapi yang hadir hanya empat fraksi.

Bahkan Ketua Fraksi Golkar, Marianus Tandiseno yang hadir sebagai pemateri menyoroti panitia yang baru menyampaikan undangan sehari sebelum pelaksanaan kegiatan. Sehingga pihaknya sangat terburu-buru. Meski demikian undangan itu tetap dipenuhi.

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulianus Sasarari dalam sambutannya mengatakan partai politik merupakan manifestasi dari suatu sistem politik yang mewakili aspirasi rakyat. Dimana parpol mempunyai peran strategis dalam memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan demokrasi di Indonesia.

Partai politik menurutnya, telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi sistem perpolitikan nasional terutama dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang dinamis dan berubah. Sehingga kinerja parpol harus ditingkatkan karena itu dapat berpengaruh besar terhadap peningkatan kualitas demokrasi dan kinerja sistem politik.

Parpol lanjutnya, merupakan penyalur aspirasi masyarakat dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan negara. Sehingga dialog dengan masyarakat harus dilakukan untuk menyamakan presepsi dalam menghasilkan suatu keputusan yang inovatif dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan pembangunan di Kabupaten Mimika.

Ketua Fraksi Golkar, Marianus Tandiseno mengatakan sebagai wakil rakyat, Fraksi Golkar terus turun ke masyarakat untuk menampung aspirasi apa yang dibutuhkan masyarakat, diperjuangkan supaya sebagai wakil rakyat tetap diberi kepercayaan oleh masyarakat.

Sementara itu Ketua Fraksi Gerindra, Nurman Karupukaro menyatakan Gerindra tetap konsisten sebagai partai penyeimbang pemerintah yang tetap mengkritisi kebijakan pemerintah daerah yang dianggap tidak berpihak kepada rakyat. Namun Gerindra tetap mendukung program pemerintah yang berpihak kepada masyarakat.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *