oleh

Pekerja Harus Difasilitasi Alat Keamanan Standar

TIMIKA – Para pemberi kerja diharapkan dapat memfasilitasi standar keamanan kepada para pekerja, khususnya yang bergerak di bidang jasa dan konstruksi bangunan. Penerapan standar keamanan selama bekerja menjadi sangat penting untuk dukungan agar si pekerja tetap aman selama bekerja.

Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi Mimika Bangkit, Leonardus Kocu, Rabu (4/11) di ruang kerjanya. Leonardus mengatakan, pengguna jasa pekerja bangunan harus difasilitasi dengan standar keamanan agar meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Dikatakan, para pekerja yang tidak difasilitasi standar keamanan selama bekerja bisa saja mengalami kecelakaan kerja. Hal ini sebutnya sudah terjadi pada salah satu pekerja bangunan di kawasan Jalan Hasanuddin kemarin.

Agar kecelakaan kerja yang menimpa kuli bangunan tidak terjadi lagi, maka pemberi kerja harus memperhatikan soal standar keamanan untuk keselamatan pekerja.

“Kemarin saya lihat ada pekerja bangunan yang jatuh dari ketinggian bangunan yang sedang dibangun di Jalan Hasanuddin. Ini seharusnya tidak terjadi apabila pemberi kerja memperhatikan standar keamanan bagi pekerjanya,” jelas Leonardus.

Politisi Perindo ini mengatakan jika dalam proses pembangunan khususnya gedung bertingkat, seharusnya pemilik gedung dan pemberi pekerjaan harus benar-benar memperhatikan standar keselamatan.

Hal ini kata Leonardus, harus menjadi perhatian penting sebab jika ada kasus kecelakaan kerja yang menimpa kuli bangunan, maka yang otomatis bertanggung jawab adalah yang mempunyai proyek.

“Jangan diabaikan. Kalau tukang kerja tanpa didukung peralatan safety dan mengalami kecelakaan kerja, maka yang punya proyek harus bertanggung jawab,” tukasnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *