oleh

Jelang Natal, Legislatif Minta OPD Teknis Laksanakan Pengawasan Harga Barang

TIMIKA – Menjelang perayaan Natal, Legislatif berharap agar OPD teknis bisa melaksanakan pengawasan harga-harga barang. Pengawasan terhadap harga-harga barang yang beredar di pasaran ini sangat penting. Mengingat menjelang perayaan hari-hari besar biasanya pedagang, akan memainkan harga barang mengingat tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi.

Ketua DPRD, Robby Kamaniel Omaleng, Jumat (6/11) mengungkapkan jika menjelang perayaan hari-hari besar, tingkat kebutuhan masyarakat akan meningkat. Hal ini sebutnya akan dimanfaatkan oleh oknum para pedagang yang sengaja menimbun barang, untuk kemudian dijual dengan harga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggi dan minimnya ketersediaan barang, maka masyarakat tetap akan membeli barang karena merupakan kebutuhan. Agar hal ini tidak merugikan masyarakat, maka Robby berharap dinas terkait bisa melakukan pengawasan di lapangan.

“Dinas teknis perlu secepatnya melakukan pengawasan peredaran harga barang agar harganya tidak melonjak, ini harus dilakukan guna menjaga kestabilan harga barang,” jelasnya.

Dikatakannya, dinas-dinas teknis terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan bisa saling berkoordinasi, agar kebutuhan pokok masyarakat bisa terpenuhi untuk perayaan hari besar.

Selain sembako, produk yang paling dicari oleh masyarakat yakni daging dan telur. Melihat tingkat kebutuhan masyarakat ini, Politisi Partai Golkar ini berharap dengan pengawasan dari dinas teknis, kebutuhan masyarakat ini harus dijual terlebih dahulu di Timika, dan jika tersisa, barulah bisa dijual ke luar daerah. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *