oleh

Bapenda Bakal Bangun Kantor Empat Lantai

TIMIKA – Seiring petumbuhan ekonomi dan pembangunan Kabupaten Mimika yang terus meningkat, maka tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pemerintahan juga semakin tinggi. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang langsung melayani masyarakat berupaya menjawab dengan membangun kantor yang lebih representative.

Salah satu OPD yang akan membangun gedung kantor baru adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Perencanaan pembangunan gedung berlantai empat itu sudah memasuki tahap finalisasi dengan digelarnya seminar akhir dari konsultan perencana yang digelar Senin (9/11) di kantor Bappeda.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Ir Syahrial, MM saat membuka kegiatan mengatakan kondisi gedung kantor Bapenda saat ini sudah tidak memadai. Sehingga untuk memperlancar kinerja dan operasional instansi diperlukan penambahan kapasitas ruangan dengan menambah gedung kantor baru.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2011 tentang Bangunan Gedung Negara, pelaksanaan pembangunan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi dan pengawasan.

Untuk memenuhi tahap awal maka menurut Syahrial diperlukan penyusunan SID dan DED perencanaan gedung kantor Bapenda. Ia menekankan perlunya perencanaan matang ditindai dari segi keamanan, biaya, kegunaan, bentuk, arsitektur, struktur maupun jasa yang tersedia.

Pembangunan gedung kantor memadai, diharapkan dapat menciptakan sistem atau mekanisme kinerja instansi pemerintah yang lebih optimal, mewujudkan pola layanan pada masyarakat yang lebih efektif dan efisien. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan fisik, ekonomi dan sosial, serta mewujudkan fungsi pemerintahan yang berkualitas dan profesional.

Gedung Kantor Bapenda Mimika dirancang terdiri dari 4 lantai termasuk rooftop. Lantai satu dan dua untuk pelayanan dan sebagian ruangan staf. Lantai tiga ada ruang staf dan aula untuk pertemuan. Konsep bangunan juga mengadopsi kearifan lokal yang diterpretasikan pada fasad gedung dengan motif Kamoro.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *