oleh

Freeport Diminta Kembalikan Program CSR Tiga Kampung di Tembagapura

TIMIKA – Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI) diminta mengembalikan program Corporate Social Responsibility (CSR) ke tiga kampung yakni Waa, Banti dan Aroanop di Distrik Tembagapura. Harapan agar manajemen dapat mengembalikan program CSRnya ke tiga kampung ini setelah keamanan sudah kondusif, sebab KKB sudah dipastikan meninggalkan kampung.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng, Sabtu (7/11) usai berkunjung ke Kampung Jagamin-Aroanop.

Robby mengatakan, stigma daerah merah akibat dikuasai oleh KKB membuat program CSR Freeport urung dilaksanakan. Masyarakat di tiga kampung ini sebutnya, kini sangat berharap agar program yang sebelumnya diberikan oleh Freeport bisa dikembalikan lagi.

Daerah-daerah yang sebelumnya dikuasai oleh KKB kata Robby, kini sudah aman dan kondusif. Dari daerah zona merah, kini sudah beralih ke zona hijau sebab KKB dipastikan sudah meninggalkan kampung.

“Masyarakat membutuhkan perhatian khusus dan serius. Daerah ini bukan merah lagi, tapi hijau. Diminta PT Freeport harus kembalikan seperti semula,” ujar Robby.

Program CSR yang sebelumnya dilaksanakan oleh PT Freeport kata Politisi Partai Golkar ini sangat dibutuhkan oleh kurang lebih 25 KK di Kampung Jagamin-Aroanop. Selain di Kampung Jagamin, Kampung Waa dan Banti, sebutnya juga sangat membutuhkan uluran tangan PT Freeport, sebab tiga kampung ini masuk dalam wilayah konsesi Freeport.

Tiga kampung ini sebutnya adalah kampung yang berada di sekitar area kerja aktivitas pertambangan yang dilaksanakan oleh Freeport dan masyarakat setempat yang langsung merasakan dampaknya.

“PT Freeport segera kembalikan program CSR seperti dulu, akses transportasi apalagi tiga kampung ini adalah daerah konsesi PT Freeport, masyarakat yang kena dampak langsung sehingga mereka harus perhatikan serius dari sisi pembangunan, kesehatan, ekonomi dan pendidikan,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *