oleh

Kampung Jagamin-Aroanop dalam Situasi Kondusif

TIMIKA – Kampung Jagamin-Aroanop Distrik Tembagapura kini dalam situasi keamanan yang kondusif. Setelah sempat dikuasai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beberapa waktu lalu, kini bisa dipastikan jika wilayah ini dalam kondisi yang aman.

Guna memastikan situasi Kampung Jagamin yang sudah kondusif ini, Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Robby Kamaniel Omaleng langsung berkunjung ke wilayah tersebut dengan menumpangi Pesawat Copper Bell 206 LI C30P PK IWQ, Sabtu (7/11).

Robby Kamaniel Omaleng yang juga lahir di Kampung Jagamin ini langsung bertatap muka dan berbincang-bincang dengan masyarakat setempat. Politisi Partai Golkar ini mengatakan jika kedatangannya ke kampung kelahirannya ini adalah guna memastikan jika daerah yang sempat masuk dalam zona merah menjadi zona hijau. Dengan situasi daerah ini yang sempat dikuasai oleh KKB, menyebabkan masyarakat setempat tidak merasakan sentuhan negara.

Padahal, sejak tiga bulan lalu kata Robby, KKB telah dipastikan meninggalkan daerah ini, sehingga Kampung Jagamin kini telah aman dan kondusif.

“Sejak tiga bulan lalu KKB telah meninggalkan daerah tersebut dan masyarakat berharap adanya uluran tangan negara di daerah tersebut,” jelas Robby.

Masyarakat sebutnya, kini membutuhkan perhatian negara dan terutama PTFI untuk perhatiannya di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Dengan stigma yang berkembang jika Kampung Jagamin ini menjadi tempat persembunyian KKB, maka perhatian untuk wilayah ini dari negara menurun.

Untuk itulah ia turun langsung ke kampung guna memastikan kondisi keamanan di Kampung Jagamin sudah kondusif.

“Saat ini daerah tersebut sudah kondusif. Masyarakat butuh uluran tangan negara di tengah-tengah masyarakat. Daerah itu saat ini bukan merah lagi, tapi hijau. Maka selain pemerintah, kami berharap juga PT Freeport bisa kembalikan programnya ke kampung ini,” ujar Robby.

Ditambahkannya, kunjungannya langsung ke Kampung Jagamin ini hanya memastikan benar jika kondisi keamanan di wilayah ini sudah sangat baik.

Dalam tatap muka dengan masyarakat setempat, Tokoh Masyarakat Kampung Jagamin, Demer Beanal, mengatakan masyarakat sangat mengapresiasi kedatangan anak adat yang sudah menyempatkan waktunya untuk melihat langsung masyarakat. Dikatakan Demer, Robby yang adalah Ketua DPRD ini sangat memberikan perhatian kepada masyarakat. Kepada Robby, Demer berharap agar aspirasi masyarakat yakni ingin diperhatikan lagi oleh pemerintah dan PT Freeport bisa kembali seperti semula.

Dengan kondisi Kampung Jagamin yang kini sudah kondusif, Demer berharap agar program pembangunan dapat kembali dirasakan langsung oleh masyarakat. Selain itu, masyarakat juga berharap agar penerbangan perintis dalam tiga kali sepekan bisa diberikan untuk masyarakat agar mereka dapat memenuhi kebutuhan pokok.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *