oleh

Puskesmas Mapurujaya Lakukan Pendataan PIS-PK

TIMIKA – Untuk mengintegrasikan berbagai program di Puskesmas Mapurujaya, petugas medis mulai melakukan kegiatan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK). Kegiatan PIS-PK ini, dimana para petugas medis mulai melaskukan pendataan warga di wilayah kerja Puskemsas Mapurujaya. Melalui program ini, diharapkan dapat mengetahui keterkaitan antar satu masalah dengan masalah lainnya.

Kepala Puskesmas Mapurujaya, Onna Bungga kepada Radar Timika, Kamis (12/11) mengatakan kegiatan PIS-PK untuk mendapat data riil cakupan Puskesmas nantinya untuk tahun 2021.

“Jadi kami lakukan pendataan dari rumah ke rumah, dan semua orang yang terdapat dalam rumah itu kami data,” tuturnya.

Selain itu pihaknya juga mengecek apakah ada pasien hipertensi, pasien jiwa, pasien malaria, pasien DM, pasien TB, pasien gizi buruk, dan semua penyakit yang belum dijaring Puskesmas. Maka  dengan adanya PIS-PK ini akhirnya semua bisa terjaring dan akan dilaporkan ke penanggung jawab  program dan akan langsung ditangani.

“Kita juga melihat soal kebersihan rumah serta air yang mereka gunakan. Karena sanitasi juga harus perlu diperhatikan untuk mencegah munculnya bibit-bibit penyakit,” tegasnya.

Ia menyebutkan, melalui PIS-PK ini sehingga bisa melihat data atau jumlah jiwa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Mapurujaya, karena yang pasti setiap tahun berbeda maka perlu untuk di-update melalui program ini.

“Sebenarnya bukan hanya soal pendataannya saja, tetapi yang terpenting bagaimana memecahkan masalah di Puskesmas secara terintegrasi,” tukasnya.(itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *