oleh

Masyarakat Nawaripi Ikut Pelatihan eDHW dan eDMC

TIMIKA – Sejumlah masyarakat Kampung Nawaripi Distrik Wania mengikuti pelatihan aplikasi Desa Melawan Covid (eDMC) dan Human Development Work (eHDW). Kegiatan yang berlangsung di Balai Kampung Nawaripi, Jumat (13/11) kemarin secara resmi dibuka oleh Kepala Distrik Wania, Richard Wakum serta dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Kampung, tim pendamping dan Kepala Kampung Nawaripi serta para peserta yang mengikuti pelatihan.

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun disela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut diluncurkan dalam rangka mengantisispasi semua situasi dan kondisi di tingkat kampung. Maka dengan adanya aplikasi tersebut, mampu mengelola sistem dan sumberdaya untuk pembangunan berbasis teknologi.

“Untuk kegiatan hari ini dimana para peserta dilatih untuk bagaimana cara menginput dan menyimpan data melalui aplikasi yang ada ini dengan sistem online,” ungkapnya.

Kata dia, program pelatihan eDMC dan eHDW ini merupakan program dari Kementerian untuk memudahkan penginputan data atau jumlah warga yang ada di tingkat pemerintahan paling bawah, yakni kampung atau desa.

Ia menuturkan, di Kampung Nawaripi jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut berjumlah 25 orang yang terdiri dari aparat kampung, Basmuskam dan kader Posyandu.

“Jadi melalui aplikasi ini yang diinput tidak hanya dari jumlah penduduknya saja, tetapi sektor kesehatan dan sektor lainnya akan di-update. Apabila sudah di-update dalam aplikasi ini maka dengan mudah untuk mengecek seperti apa perubahan atau apa kendala yang dialami kampung tersebut,” tuturnya.

Ia menerangkan, dalam kegiatan tersebut turut menghadirkan pemateri dari Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika, serta pemateri dari Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Kabupaten Mimika.(itz)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *