oleh

Pemerintah Diminta Tinjau Aktivitas Penambangan Galian C

TIMIKA – Pemerintah Kabupaten Mimika diharapkan dapat meninjau aktivitas penambangan Galian C di Distrik Iwaka, yakni di sekitar area Kali Iwaka dan Kali Pindah-Pindah. Legislatif berharap pemerintah bisa memastikan apakah aktivitas pengambilan sirtu di kali-kali yang ada di Distrik Iwaka ini mengantongi ijin resmi atau tidak.

Sebab, Legislatif menilai jika aktivitas pengambilan sirtu ini tidak mengantongi ijin, maka tentu saja sangat merugikan daerah ini.

Jika memang aktivitas ini ada ijinnya juga, apakah retribusi ataupun pajaknya dibagi untuk daerah ini.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi C DPRD Mimika, Martinus Walilo kepada Radar Timika, Jumat (13/11) di Kantor DPRD. Menurutnya, aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh para pengusaha di area Distrik Iwaka ini sudah sangat banyak.

“Pemerintah mohon untuk tinjau dan pastikan. Saya dengar ada pengusaha-pengusaha tertentu yang ada di Timika ini, lokasi penambangan ini dilakukan oleh mereka. Apakah ada izin resmi dan kontribusinya untuk daerah bagaimana,” jelas Martinus.

Martinus mengatakan jika aktivitas pengambilan sirtu ini diharapkan tidak dibiarkan begitu saja. Sebab, jika terus menerus diambil dan dikeruk tanpa ampun, maka akan berakibat buruk pada lingkungan di sekitar. Masyarakat akan rugi karena dampak pertambangan sirtu akan menyebabkan banjir.

Selain itu, jika masalah pertambangan sudah dialihkan ke Pemprov Papua, maka pemerintah daerah tetap harus melakukan pengawasan langsung dan memastikan apakah aktivitas yang sedang berlangsung ini tidak melewati batas dan aturan.

“Pemerintah harus tetap awasi, karena kekayaan dan sumber daya alam milik Mimika, jadi harus diperhatikan, apakah kontribusinya juga ada untuk daerah ini, jangan pemerintah diam saja tapi harus tindak lanjuti,” imbuh Martinus.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *