oleh

Muncul Polling, Pj Sekda: Tetap Bupati yang Tentukan

TIMIKA – Beberapa waktu lalu muncul polling yang mencantumkan setidaknya 20 nama Aparatur Sipil Negara (ASN) yang digadang-gadang memenuhi syarat menempati Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

Polling itu muncul memang di saat yang tepat karena memang Pemda Mimika sedang mencari figur yang tepat untuk menjadi pejabat sekda defenitif. Namun dipastikan polling itu tidak dibuat oleh Pemda Mimika.

Pj Sekda Mimika, Jeni Usmany ketika ditanya mengenai polling tersebut mengaku tidak mengetahui sumbernya dari mana. “Karena kami juga bertanya,” kata Pj Sekda ketika ditemui di Kantor Bappeda, Senin (16/11) kemarin.

Penentuan Sekda defenitif dipastikan tetap melalui proses seleksi secara terbuka. Hanya saja Pemda Mimika masih menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Pemda terus berkoordinasi dengan KASN sekaligus menunggu rekomendasi.

Bupati sudah mengusulkan pembentukan panitia ke Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Gubernur, Lukas Enembe, SIP MH. Ditegaskan Jeni, ini semua prosedur yang harus dilalui sebagai amanat undang-undang atau peraturan lainnya.

Sehingga ditambahkan Jeni, mengenai polling yang beredar ia berharap masyarakat bisa bijaksana dalam menyikapi. Pasalnya jabatan Sekda bukan jabatan politis yang dipilih melalui proses politik dimana masyarakat yang terlibat langsung memilih tapi mengacu pada aturan karena sekda adalah ASN.

Bahkan penentuan akhir dari siapa yang berhak menduduki jabatan itu ditegaskan Jeni, tetap kembali ke Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian untuk menentukan. “Lulus seleksi juga tetap harus persetujuan Bupati, maka beliau yang menentukan,” terangnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *