oleh

Ratusan Kendaraan Ikut Uji Kir

TIMIKA – Ratusan kendaraan roda empat dan roda enam mengikuti pelaksanaan uji kir yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika di Terminal Pasar Sentral, Senin ( 16/11) kemarin. Para sopir mengantri sejak pagi untuk menguji kir kendaraan milik mereka.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Jania Basir melalui Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Standarisasi Dishub Mimika, Dev Tatiratu kepada Radar Timika di sela-sela pengujian, Senin (16/110 kemarin mengatakan, uji kir bertujuan untuk menguji serta memeriksa komponen kendaraan dalam rangka pemenuhuan terhadap persyaratan teknik dan layak jalan.

“Hari ini ada 100 kendaraan yang sudah mengikuti uji kir,” katanya.

Ia menyebutkan, adapun jenis kendaraan yang mengikuti uji kir diantaranya, dump truck, pick up dan mobil angkutan umum. Selain itu adapun persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para supir yakni,  membawah STNK kendaraan dan buku kir lama. Sementara bagi yang tidak ada karena sudah hilang,  maka akan diberikan buku kir yang baru.

Ia menjelaskan, dalam perlaksanaan uji kir tersebut memang dipungut biaya. Hal itu sesuai dengan  aturan yang ditetapkan oleh pemerintah kabupaten. Hanya saja jumlahnya bervariasi tergantung jumlah berat bruto (JBB) atau jumlah berat yang diperbolehkan .

Kata dia, kalau kendaraan angkutan itu biaya bisa mencapai Rp 120 ribu sementara kendaraan dump truck  mencapai Rp 160 ribu. Lanjutnya, dengan adanya pelaksanaan kir ini selain untuk mengecek kelayakan kendaraan, juga untuk keselamatan pengendara. Di sisi lain pelaksaan uji kir ini juga dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

Ia menuturkan, pelaksanaan uji kir tersebut dijadwalkan akan berlangsung selama sepekan berjalan. Ia menambahkan, adapun komponen yang diuji yakni emisi gas buang, klakson, kedalaman alur ban, slide slep, rem dan lampu utama.

“Sesuai dengan petunjuk pimpinan kami bahwa pelaksanaan uji kir di luar  seperti di terminal hari ini, salah satu upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri, Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Standarisasi Dishub Mimika, Dev Tatiratu,  kepala Terminal Pasar Sentral, Richard Tamher, penguji tingkat empat balai pengujian kir Dishub Mimika, Fredy Richard dan Kapospol Pasar Sentral, Aiptu Ledrik Patikayhattu. (itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *