oleh

Bidang Penataan Ruang Harap OPD Koordinasi Jika Ingin Bangun Sesuatu

TIMIKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika sedang berupaya merubah wajah Kota Timika menjadi lebih baik. Beragam proyek dijalankan. Tapi ada juga yang dianggap tidak sesuai perencanaan karena fasilitas dibangun menyalahi tata ruang.

Menyikapi itu Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Mimika, Pieter Edoway ketika ditemui di kantornya, Rabu (18/11) berharap OPD terlebih dahulu berkoordinasi jika ingin menjalankan pekerjaan. Apalagi jika fasilitas itu dibangun pada area yang sudah ditata.

Ia mencontohkan pembangunan taman daerah milik jalan yang menurutnya jelas tidak sesuai karena justru merusak trotoar. Meskipun sudah dialihkan dari lokasi sebelumnya ia tetap berharap agar bisa berkoordinasi.

Tidak hanya internal Pemda Mimika, Piet juga berharap instansi atau badan usaha yang ingin membangun harus berkoordinasi dengan Bidang Penataan Ruang. Misalnya Telkom dan PLN yang memasang jaringan kabel di sepanjang jalan. Agar tidak semrawut ia berharap ada koordinasi.

Terutama nantinya pada rencana pembangunan kawasan kota baru. Dikatakan Piet, kota baru yang digagas Bupati harus ditata seperti Kuala Kencana, dimana tidak ada kabel membentang di sepanjang jalan karena ditanam dalam tanah.

“Kami mau dari bidang penataan ruang, OPD terkait ini kita merencanakan sambil ada koordinasi. Jangan jalan sendiri, pekerjaan saling kait mengait. Harus ada koordinasi kalau mau bikin sesuatu harus duduk bersama supaya beri masukan. Kita diskusi bersama sesuai dengan tupoksi masing-masing,” paparnya.

Salah satu kawasan yang juga akan ditata ditambahkan Piet adalah Jalan Budi Utomo yang semakin padat dan ramai. Salah satu rencana pembangunan yang akan dilakukan adalah pelebaran jalan, sehingga setiap pekerjaan di sisi kiri dan kanan jalan harus menyesuaikan.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *