oleh

Bappeda Susun Indikator Ekonomi Mimika

TIMIKA – Untuk melihat capaian pembangunan dalam lima tahun terakhir, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyusun indikator ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Bappeda, Amelda Rumayomi ketika ditemui usai seminar akhir yang digelar Jumat (20/5) kemarin mengatakan, penyusunan indikator ekonomi daerah dan kesejahteraan ini dilakukan untuk melihat dan mengukur peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Cakupannya kata Amel, cukup luas atau secara makro. Meliputi berbagai sektor mulai dari pertanian, peternakan, perikanan bahkan sampai perhitungan inflasi kabupaten.

Menurutnya, capaian pembangunan di bidang ekonomi selama ini sangat meningkat dalam lima tahun terakhir. Sebut saja peternakan dimana Mimika sudah swasembada telur ayam dan tidak bergantung lagi dari luar. Pertanian juga dinilai mulai mampu mengembangkan potensi yang ada. Misalnya bibit kelapa Mimika sudah mendapatkan sertifikasi sehingga bisa dikembangkan baik lokal maupun daerah lain. Juga potensi pangan lokal seperti sagu yang mulai diproduksi.

Ia menambahkan, dokumen ini nantinya menjadi acuan Pemda Mimika melalui perangkat daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan. “Jadi setiap dokumen yang disusun Bappeda dipakai untuk penyusunan perencaman OPD teknis. Termasuk kita (Bappeda) juga dalam menjalankan fungsi pengendalian,” jelas Amel.

Setelah penyusunan dokumen dikatakan Amel, masih ada rencana aksi lagi sebagai tindaklanjut. Serta bekerjasama dengan instansi lain termasuk Badan Pusat Statistik dalam hal pemenuhan data. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *