oleh

Diskominfo Susun Buku Statistik Sektoral Mimika

TIMIKA – Penyelenggaraan statistic data sektoral di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika selama ini belum terkoordinir. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyusun sendiri. Tapi mulai tahun ini Dinas Komunikasi dan Informatika Mmika mulai menjalankan fungsinya dengan menyusun data statistik sektoral.

Sebagai langkah awal, Diskominfo menggelar seminar awal penyusunan data statistik sektoral pada Senin (23/11) di Grand Tembaga Hotel. Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Bidang Hukum Pemda Mimika, Paskalis Kirwelakubun didampingi Kepala Diskominfo, Abraham Kateyau.

Paskalis Kirwelakubun dalam sambutannya mengatakan masyarakat semakin maju dan cerdas. Pandangan publik senantiasa kritis dan opini semakin berkembang. Ini sebagai dampak langsung dari keterbukaan informasi yang benar-benar terbuka dan mendunia.

Kebutuhan akan informasi statistik atau data yang akurat sangat penting sebagai perumusan kebijakan di setiap sektor pembangunan. “Dunia sekarang  adalah dunia data. Karen data yang benar menjadi sumber informasi yang benar dan bisa jadi dasar pengambilan keputusan. Kalau data salah ya informasi juga salah dan keputusan bisa salah,” terangnya.

Statistik lanjut Paskalis, merupakan bagian dari sektor yang harus menjadi prioritas dalam upaya pengentasan kemiskinan. Dengan peningkatan aksesbilitas masyarakat terhadap fasilitas dasar dan diharapkan mampu meningakatkan derajat perekonomian masyarakat.

Kebutuhan data statistik mutlak diperlukan dalam penyusunan suatu rencana kegiatan. Termasuk program pembangunan. Tanpa sajian data yang akurat, pelaksanaan pembangunan tidak akan mencapai sasaran yang diharapkan dan bahkan menghadapi berbagai hambatan yang serius.

Ia berharap penerbitan publikasi data statistik sektoral Kabupaten Mimika Tahun 2020 yang menyajikan informasi lintas sektor diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Ia menilai, ini upaya positif yang berguna sebagai dasar untuk membuat kebijakan dan menyusun perencanaan di berbagai bidang pembangunan. “Melalui data statistik yang tersaji secara lengkap akan diperoleh gambaran representatif mengenai sejauh mana kemajuan pembangunan di Kabupaten Mimika,” terangnya.

Data statistik sektoral merupakan kompilasi data yang berasal dari organisasi perangkat daerah, instansi vertikal, BUMN dan BUMD. Diharapkan data dan informasi yang disajikan dapat memberikan gambaran mengenai berbagai perubahan yang terjadi di setiap sektor kehidupan. Juga dapat digunakan sebagai acuan untuk pembuatan kebijakan dan perencanaan pembangunan maupun evaluasi hasil pembangunan yang telah dilaksanakan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *