oleh

DPRD Puncak ikut Bimtek di Semarang, Target Bahas APBD 2021

ILAGA – Sebanyak 24 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Puncak dan 8 staf Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Puncak, selama dua hari yakni Kamis (19/11) dan Jumat (20/11) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai mekanisme pembahasan Ranperda APBD oleh DPRD, di Semarang Jawa Tengah.

Salah satu materi yang diterima oleh para anggota dewan, yakni bahwa DPRD harus melakukan pembahasan APBD 2021 Kabupaten Puncak. Sebab selama ini Kabupaten Puncak selalu melewati pembahasan anggaran dan hanya menggunakan Peraturan Bupati (Perbup).

“Kadang Pemda (Puncak) hanya menggunakan Perbup, Perda dan lain-lain. Tidak pernah melakukan pembahasan anggaran bersama DPRD Puncak. Itu yang kami dengar dari anggota-anggota sebelumnya. Sehingga kami perlu ikut Bimtek. Dan saat Bimtek memang kami mendapatkan materi sangat bagus, untuk bagaimana melaksanakan roda pemerintahan dengan baik,” kata Lukius kepada Radar Timika di Timika Indah, Senin (23/11).

Sehingga untuk APBD Puncak tahun 2021 Lukius berharap agar dibahas bersama DPRD yang menurutnya sudah siap untuk melaksanakan itu.

“Dalam dua minggu ini kita mau itu pembahasan sidang APBD Puncak tahun 2021, karena sebelumnya tidak pernah. Kita akan laksanakan sepuluh hari, atau dua minggu. Karena idealnya memang anggaran harus dibahas di DPRD. Sidangnya bisa dilaksanakan di Jayapura,” bebernya.

Menurut Lukius, hasil Bimtek yang telah diikuti oleh pihaknya itu, harus diterapkan untuk menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Puncak.

“Untuk itu kami akan menyurat ke Pemda Puncak untuk menyiapkan bahan untuk sidang yang harus dilaksanakan pada Desember ini. Memang pembahasan harusnya di Oktober lalu. Tapi tidak apa-apa dalam Bulan Desember ini kita harus sidang APBD,” tutur dia.

“Teman-teman lain memang masih ada di Jakarta. Ada juga di Jayapura. Dan saya bersama teman-teman yang sudah kembali ke Timika, besok (Selasa, 24/11) kami akan ke Ilaga untuk menyiapkan itu,” tukasnya.(ale)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *