oleh

Tips Hindari Penipuan Lewat Telepon

TIMIKA – Kepolisian Sektor Mimika Baru meminta masyarakat tetap waspada terkait penipuan yang dilakukan via telepon. Masyarakat diminta terus melakukan pengecekan atau konfirmasi dengan baik, walapun penelpon mengaku sebagai polisi.

Kapolsek Mimika Baru, Kompol Sarraju, Senin (23/11) mengatakan, pelaku penipuan via telepon biasanya mengaku sebagai siapa saja, baik kepolisian, orang dekat, teman maupun keluarga.

Hanya saja, jika penipu yang melakukan penipuan lewat telepon tertangkap, dipastikan yang bersangkutan akan menerima hukuman sesuai aturan perundang-undangan.

Ia menyatakan, pihaknya kadang menerima laporan pengaduan adanya penipuan via telepon maupun online. Tetapi jumlahnya dipastikan tidak banyak.

“Kalau yang begini biasanya kita arahkan ke Polres Mimika saja biar penanganannya bisa maksimal,” ujarnya.

“Ada beberapa kali masyarakat mengadukan hal seperti ini ke Polsek Miru. Tapi kita arahkan ke Polres. Persentasenya tidak betul dominan. Hanya ada sekitar dua tiga kasus,” sambung Kompol Sarraju.

Ia menyarankan, setiap informasi yang diterima dimintanya untuk dicerna dengan nalar yang baik. Hal itu untuk mencegah masyarakat terbawa dengan iming-iming si penipu.

“Karena soal penipuan ini kan soal bagaimana memperdaya. Memanfaatkan keadaan orang. Misalnya yang ditipu senang dengan iming-iming yang dijanjikan, malah yang ditipu tidak bisa lagi menalarnya dengan baik,” ungkapnya.

Kompol Sarraju mencontohkan, hal-hal yang harus dibuat ketika menerima telepon dengan iming-iming tertentu, katanya harus dipikirkan apakah penerima telepon mengenal orang yang menelponnya atau tidak. Termasuk darimana si penelpon mendapatkan orang yang menelpon.

“Beri juga waktu untuk mengonfirmasi kepada pihak yang terkait. Sehingga kita tidak terjebak dalam perdaya dari para pelaku tersebut,” jelasnya.

“Ada yang misalnya menyampaikan kita akan menerima hadiah. Tapi dia minta dulu harus dikirimkan uang. Itu kan tidak logis. Sebisanya dihindari. Karena itu kan namanya hadiah dibeli,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *