oleh

DPMK Mimika Mulai Tahapan Pemilihan Ketua RT

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika kembali melaksanakan pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) secara serentak untuk periode 2020-2024. Sebagai tahapan awal, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Mimika mengundang 18 kepala distrik untuk koordinasi.

Pertemuan yang digelar pada Selasa (24/11) di ruang pertemuan kantor DPMK, Jalan Poros SP 5 dipimpin langsung oleh Plt Kepala DPMK Mimika, Petronella A Uamang, SIP dan dihadiri para kepala distrik. Adapun total RT di Mimika sebanyak 1.174 tersebar di 18 distrik, 19 kelurahan dan 133 kampung.

Petronella mengungkapkan, pemilihan akan ditangani langsung oleh distrik serta kelurahan dan kampung. Untuk itu ia mengundang para kepala distrik agar mendapatkan pengarahan terkait mekanisme pemilihan Ketua RT. “Jadi kita minta kepala distrik untuk memfasilitasi pemilihan,” terangnya.

Jadi kata Petronella, terkait mekanisme pemilihan itu diserahkan sepenuhnya ke distrik, kelurahan dan kampung. Nanti setelah pemilihan, hasilnya atau nama-nama ketua RT yang terpilih diserahkan ke DPMK untuk selanjutnya diserahkan ke Bupati untuk ditandatangani.

Penyerahan SK akan dilukan pada saat pelantikan yang rencananya digelar di Pendopo. Hanya saja mengenai waktu belum ditentukan. Tapi distrik diberi waktu selama sepekan kedepan untuk melakukan pemilihan dan menyerahkan hasilnya ke DPMK.

“Jadi harus selesai tahun ini. Kita beri waktu seminggu bagi para kepala distrik untuk melakukan pemilihan di kampung dan kelurahan. Nanti akhir November sampai awal Desember. Pemilihan ditangani oleh distrik, nanti DPMK yang kontrol langsung ke distrik-distrik,” paparnya.

Jumlah RT yang akan dipilih dan dilantik ditambahkan Petronella tidak mengalami perubahan karena belum ada pemekaran baik RT dan kampung. Sesuai pesan Bupati, para ketua RT yang baru nantinya diharapkan benar-benar bisa bertanggungjawab dan bekerja sesuai tupoksinya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *