oleh

Pemda Mantapkan RPJMD 2020-2024

TIMIKA – Setelah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Pemerintah Daerah Kabuaten Mimika melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memantapkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2020-2024.

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dikumpulkan untuk memantapkan RPJMD dan Renstra pada pertemuan yang digelar Selasa (24/11) di Hotel Horison Diana Timika. Rapat dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulianus Sasarari, SSos didampingi Kepala Bappeda Mimika, Ir Yohana Paliling, MSi.

RPJMD kata Sasarari, adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode lima tahun terhitung sejak dilantik sampai berakhirnya masa jabatan kepala daerah. Selain janji politik yang harus diterjamahkan, penyusunan RPJMD juga mendasar atas hasil evaluasi kinerja periode sebelumnya.

Setidaknya ada enam prioritas pembangunan untuk mengatasi permasslahan di Mimika, antara lain peningkatan SDM berbasis IPTEK, ketertiban dan keamanan daerah, pemenuhan layanan dasar untuk meningkatkankesejahteraan masyarakat, peningkatan infrastruktur wilayah untuk mendorong konektivitas yang masih belum merata hingga reformasi birokrasi melalui perbaikan sistem tata kelola pemerintahan yang baik serta peningkatan sektor-sektor ekonomi unggulan untuk meningkatkan daya saing daerah.

Sasarari mengatakan, itu sudah dirumuskan dalam visi misi Mimika Tahun 2019-2024 yakni ‘Terwujudnya Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera’. Untuk menjawab itu maka ditetapkan lima misi yakni membangun SDM dan memahami teknologi informasi. Menciptakan Mimika yang aman, tertib dan damai.

Selanjutnya kata Sasarari, mewujudkan pemerataan pembangunan pelayanan dasar dan infrastruktur di wilayah pedalaman dan pesisir. Mewujudkan pemerintahan bersih, berwibawa, akuntabel, profesional dan inovatif. Juga membangun sentra-sentra ekonomi baru di wilayah Mimika.

Penyusunan RPJMD 2020-2024, berada pada periode transisi penggunaan kodefikasi, klasifikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan daerah. Sehingga pada prosesnya terdapat transformasi dari nomenklatur program berjalan kepada nomenklatur program yang ditetapkan dalam Permendagri Nomor 90.

RPJMD Mimika ini ditambahkan Sasarari, hendaknya dilakukan secara konsisten, transparan, partisipatif dan penuh tanggungjawab sehingga dapat mencapai visi misi yang sudah ditetapkan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *