oleh

59 Ekor Babi Bantuan Panglima TNI Tiba di Timika

TIMIKA – Sebanyak 59 ekor babi bantuan dari Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk masyarakat di sejumlah kabupaten di Papua, telah tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Kamis (26/11) pagi kemarin.

Ke-59 ekor babi yang diberikan kepada masyarakat untuk mendukung kearifan lokal, yakni bakar batu pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 itu, datang dengan diangkut pesawat Hercules milik TNI AU dengan nomor seri A-1327.

Asisten Potensi Wilayah Kogabwilhan III, Brigjen TNI Dadang Rukhiyana mengatakan, bantuan babi berjumlah 59 ekor tersebut akan didistribusikan ke sejumlah kabupaten di Papua, antara lain di Kabupaten Puncak, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika.

Sejumlah kotak kayu yang berisikan babi bantuan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kamis (26/11) pagi kemarin.

“Setelah didistribusikan, nanti akan diserahkan kepada masing-masing satuan teritorial yang ada. Bagaimana untuk bakar batunya, nanti akan dilibatkan tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat,” ujar , Brigjen Dadang.

“Inisiasi ini diambil oleh Panglima TNI agar penyelenggaraan Natal dan Tahun Baru 2021 di seluruh Papua agar dapat berjalan dengan aman dan lancar. Kegiatan ini juga dilakukan untuk menjunjung tinggi kearifan lokal,” sambungnya.

Dari sejumlah babi yang ada, masing-masing wilayah atau kabupaten di Pegunungan, akan mendapatkan setidaknya sepuluh ekor babi. Sedangkan sisanya akan diberikan untuk dibakar di Timika.

Rencananya, untuk bakar batu dengan bantuan babi dari Panglima TNI tersebut akan dibakar di lahan rencana pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Dalam acara tersebut, rencananya, baik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan hadir dan Kapolri diwakili Irwasum Polri Komjen Pol Moechgiyarto.

“Panglima disini rencananya hanya sehari. Dimana agendanya tatap muka dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat. Setelah itu keduanya akan kembali ke Jakarta,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *