oleh

Apron Bandara Baru Mozes Kilangin Masih Cukup untuk Maskapai Lain

TIMIKA – Kapasitas apron di Bandara Baru Mozes Kilangin Timika dipastikan masih mencukupi untuk masuknya sejumlah maskapai. Hal ini disampaikan Kasi Ops UPBU Timika, Anton Pasaro, Kamis (26/11). Anton mengatakan, walaupun kapasitas apron mendukung masuknya sejumlah maskapai, pihaknya harus pula mengatur waktu penerbangan.

“Kalau mau ada maskapai baru masuk masih bisa. Tapi yang kami desain soal untuk posisi penempatannya. Yang ada sekarang kan posisinya masih flexibel bisa menghadap mana saja,” ujarnya.

“Nanti disesuaikan dengan ukuran pesawatnya. Yang ada ini desain untuk lima posisi Boeing dan 12 kategori caravan, pilatus dan twinotter,” sambung Anton.

Di hari yang sama, masuknya Deraya Air menjadikan Bandara Baru Mozes Kilangin mempunyai setidaknya enam jenis maskapai. Diantaranya, Batik Air, Trigana Air, Jayawijaya, 3MG, Wings Air dan May Indo.

Kepala AirNav Timika, Andi Nurmansyah menambahkan, pihaknya memperkirakan, pada Desember 2020 ini, penerbangan akan terus ada setiap harinya. “Itu informasi dari airline yang kami terima. Tapi pengaturannya di apron akan kami update dulu dan sampaikan ke pemerintah daerah,” katanya.

“Pengelolaan di sisi Selatan dan Utara koordinasinya luar biasa. Karena dari AirNav Indonesia selalu bersinergi antara dua apron di sisi selatan dan Utara,” tambah Andi Nurmansyah.

Ia juga menyebut pergerakan pesawat sudah mencapai seratus penerbangan setiap hari, kecuali hari Minggu. “Kalau normal bisa 130 setiap hari. Tapi belum tahu untuk tahun ini khususnya Natal dan Tahun Baru,” tutupnya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *