oleh

Pemerintah Diminta Serius Pulangkan Warga Tembagapura

TIMIKA – Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme, Jumat (27/11) meminta kepada Pemerintah agar serius dalam upaya memulangkan warga yang dievakuasi sejak 8 bulan lalu dari 3 kampung di wilayah Distrik Tembagapura.

Selain kepada pemerintah, Aleks juga berharap agar PT Freeport Indonesia (PTFI) dan pihak keamanan turut mengupayakan pemulangan masyarakat ke Distrik Tembagapura. Aleks mengakui ia tidak akan bosan untuk meminta pemerintah agar dapat memulangkan masyarakat yang di dalamnya ada keluarga dan sanak saudaranya untuk bisa kembali ke kampung halaman mereka.

“Berkaitan dengan masyarakat Banti, dan saya harus terus bicara ini, karena saya juga bagian daripada anak Banti yang menjadi korban,” ujarnya. Menurut Aleks, ada upaya untuk memulangkan warga, namun hanya sebatas pernyataan dan tidak dibarengi dengan tindakan.

“Orang tua kita, keluarga kita yang sebetulnya mereka bisa hidup, kalau mereka masih berada di atas atau secepatnya tiga bulan lalu kita kembalikan mereka, tapi yang saya lihat ini banyak yang meninggal termasuk bapak adenya Bupati,” ungkapnya.

Ia menegaskan, tahun ini masyarakat harus sudah dipulangkan kembali ke kampungnya agar dapat menjalankan aktivitas hidup mereka seperti biasanya.

“Kita bicara ini bagaimana kita mau selamatkan masyarakat agar mereka bisa kembali. Karena mereka itu ada di sana sebelum ada pemerintah dan Freeport,” ungkapnya.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan dengan secepatnya mereka di kembalikan, sehingga mereka bisa membangun dan memperbaiki rumah mereka yang telah rusak, walaupun tanpa bantuan dari pemerintah dan PTFI.

“Intinya ada keseriusan dari pemerintah, Freeport dan keamanan untuk memulangkan warga ke Tembagapura, setelah mereka kembali untuk masalah lainya, seperti rumah dan makanan akan diperbaiki secara bersama-sama dan disediakan” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *