oleh

Masyarakat Amar Minta Penambahan Rumah Sehat

TIMIKA – Masyarakat di Kampung Ipaya Distrik Amar, berharap agar lewat dana Otsus maupun APBD tahun 2021 mendatang, pemerintah bisa mengalokasikan anggaran untuk menambah pembangunan fasilitas perumahan sehat.

Jika tahun 2019 masyarakat Kampung Ipaya bisa membangun 15 unit rumah dari sisa Dana Desa (DD), maka mereka berharap agar tahun 2021 mendatang pemerintah kembali bisa menambah fasilitas perumahan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi A DPRD, Tobias Albert Maturbongs, Sabtu (28/11). Warga sebut Tobias, meminta tambahan rumah layak huni bagi masyarakat juga dibangun pemerintah serta program listrik masuk kampung juga menjadi keinginan masyarakat.

“Mereka sudah bangun 15 unit rumah dengan sisa Dana Desa tahun 2019. Maka pemerintah diminta tambah lagi melalui Dana Otsus ataupun APBD 2021 mendatang,” ujarnya.

Disebutkannya, Kampung Ipaya merupakan gabungan dari 3 kampung yaitu Ipiri, Paripi dan Yaraya.
Masyarakat tambah Tobias, berharap sentuhan pembangunan yang bersumber dari APBD Pemerintah juga Dana Otsus Papua. Sebab selama ini warga belum merasakan manfaat dari program-program itu.

Legislator Komisi A DPRD PDI Perjuangan itu menambahkan, sebelumnya dari pertemuan dengan warga konstituennya dalam agenda Reses Dewan di Kampung Mupuruka Distrik Kapiraya Mimika Barat Tengah, juga muncul keinginan-keinginan serupa agar pemerintah memperhatikan pembangunan di daerah luar Kota Timika itu. Kebanyakan warga di pesisir Mimika mengeluhkan program pemerintah yang belum menyentuh kebutuhan dan kepentingan mereka.

Selain itu, pembenahan jalur transportasi sungai ke kampung-kampung di pesisir juga menjadi permintaan warga. Tobias telah memasukkan aspirasi warga itu ke dalam Pokok Pikiran (Pokir) Dewan, sehingga diharapkan pemerintah bisa mengakomodirnya di APBD 2021 ini.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *