oleh

SMK Filadelfia Sudah Punya UMKM di Bidang Kuliner

TIMIKA – SMK Filadelfia merupakan sekolah satu-satunya di Timika yang sudah mempunyai usaha yang sudah mandiri. Sejak 2018 diawali dengan unit usaha kuliner yang masih skala pengantaran (by order), kini SMK Filadelfia sudah punya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kuliner.

Dengan usaha sekolah ini Kepala SMK Filadelfia, Jusuf Aners Felubun, Senin (30/11) mengatakan skala UMKM yakni home industry ini sudah bisa beproduksi sehari menyentuh angka 20 kg kue. Pembuatan kuliner ini untuk jenis roti-rotian dan aneka cake. Khusus untuk roti, sekolah ini sudah bekerja sama dengan beberapa kios dan toko yang mengambil roti mereka. Sementara untuk jenis cake yang premium dibuat jenis cake ulang tahun dan pizza.

Dikatakan Jusuf, didasari adanya arahan jika SMK harus mempunyai unit produksi untuk mengimplementasikan bidang yang diajarkan, maka dengan tata boga yang terdapat tiga bidang yakni pastry, kuliner dan restoran service, sekolah memberikan kebebasan siswa untuk memilih di antara tiga bidang ini.

“Unit produksi ini adalah wadah di mana anak-anak kita sudah bisa belajar, ditambah lagi mereka punya bidang ketersediaan bahan baku untuk mereka praktek ini sudah tersedia, di satu sisi ada pundi komersial yang kita raup di situ dan di sisi lainnya ada ketersediaan bahan baku untuk mereka praktek,” jelasnya.

Ditambahkan Jusuf, sekolahnya juga sudah mempunyai satu restoran yang dibuka khusus untuk kuliner. Dengan dibukanya unit usaha ini lagi, sekolah berharap bisa membantu pemerintah dalam menyiapkan tenaga yang siap dipakai di dunia industri.(ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *