oleh

Bawaslu Awasi Pemutakhirkan Data Kebutuhan Pemilu 2023

TIMIKA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mimika mulai melakukan pengawasan pemutakhiran data berkelanjutan kepada pemilih tetap untuk kebutuhan Pemilu serentak pada tahun  2023 mendatang. Untuk tahun 2020 ini, Kabupaten Mimika termasuk 18 kabupaten di Papua yang tidak menggelar Pemilu, untuk itulah Bawaslu hanya melakukan kegiatan pengawasan terhadap pemutakhiran data berkelanjutan pemilih tetap.

Ketua Bawaslu Yonas Yanampa, Rabu (2/12) mengatakan, agenda pengawasan pemutakhiran data berkelanjutan pemilih tetap ini akan dilaksanakan sampai tahun 2022. “Tahun ini kita tidak melaksanakan Pemilu, jadi kita mulai lakukan pengawasan pemutakhiran data berkelanjutan sampai tahun 2022,”ujarnya.

Kegiatan pemutakhiran data ini dilakukan dengan pengawasan terhadap KPU sebagai penyelenggara Pemilu. Bawaslu sebutnya memastikan akan melaksanakan pemutakhiran data sesuai dengan peraturan.

“Jadi sekarang ini kami awasi KPU, KPU biasanya akan melaksanakan pemutakhiran data sebulan sekali sampai nanti tahun 2022,” jelasnya.

Sampai saat ini sebut Yonas, Data Pemilih Tetap (DPT) hanya mengalami sedikit kenaikan dari jumlah pemilih pada Pemilu 2019 lalu. Hanya ada kenaikan 10 persen hingga 2020 yakni sebanyak 231 ribu pemilih.

“Ada penambahan pemilih 10 persen, tidak terlalu jauh dari data tahun 2019 lalu, yang tambah ini karena ada pemilih pemula, termasuk pensiunan TNI Polri yang harus menjadi pemilih tetap,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *