oleh

Bawaslu Jalin Kerja Sama dengan Universitas Timika

TIMIKA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mimika menjalin kerja sama dengan Universitas Timika (UTI), dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dalam rangka pengembangan dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi terkait penyelenggaraan pengawasan Pemilu.

Penandatanganan MoU ini berlangsung di Aula UTI, Kamis (3/12). Ketua Bawaslu, Yonas Yanampa mengatakan MoU ini dilangsungkan setelah agenda yang sama dilaksanakan di Universitas Amamapare.

Lewat MoU ini sebutnya, ke dua lembaga ini ingin meningkatkan demokrasi sadar pemilih yang baik kepada masyarakat. Melalui kerja sama ini juga sebutnya, mahasiswa dilibatkan sebagai perpanjangan tangan dari masyarakat untuk bergabung dalam pengawasan dan penyelenggaran Pemilu.

“Untuk menghadapi Pemilu yang akan datang, kami Bawaslu merasa tidak bisa menjangkau wilayah Mimika yang luas. Maka dengan dengan kampus kami bisa bergandengan tangan untuk memberikan edukasi kepada pemilih, masyarakat di luar sana,” jelasnya.

Dilibatkannya mahasiswa dalam pengawasan Pemilu kata Yonas, memang terjadi karena masih kurang sadarnya para pemilih untuk ikut menciptakan Pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia.

Sementara itu, Rektor UTI, Theresia Yunie Puspita mengatakan pihaknya mengapresiasi atas kerja sama ini dengan memilih kampusnya untuk mensukseskan pengawasan Pemilu tahun 2023 mendatang. Baik bagi para dosen maupun mahasiswa sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pihaknya bisa mengabdikan ilmunya baik untuk riset dan berbagai penelitian yang terkait dengan Pemilu.

Ia mencontohkan riset seperti seberapa besar kepercayaan masyarakat terhadap Pemilu dan rasa demokrasi bagi mahasiswa terhadap Pemilu yang akan datang.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *