oleh

Berusia 18 Tahun, Politeknik Amamapare Butuh Dukungan Pemerintah

TIMIKA – Politeknik Amamapare yang sudah berusia 18 tahun di Kabupaten Mimika, masih membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah. Selama 18 tahun, Politeknik yang didirikan oleh Yayasan Amamapare ini sudah mempunyai dua gedung kampus, yakni kampus satu di Jalan C Heatubun dan kampus dua di kawasan Mapurujaya.

Selain kampus, Yayasan Amamapare juga mempunyai SMK Amamapare. Kedepannya, Direktur Politeknik Amamapare, Herman Dumatubun, ST MT Kamis (3/12) mengatakan dengan terus berkembangnya kampus ini, lebih banyak lagi lulusan SMK di Timika yang dapat berkuliah di kampus ini.

“Kami sudah ada di Timika sejak 18 tahun lalu, dengan didirikan oleh Yayasan Amamapare, kampus masih terus eksis dan bertahap,” ujarnya.

Dikatakan, untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan tuntutan jaman, maka kedepan kampus akan menaikkan status dari pendidikan Diploma III menjadi Diploma IV. Dengan adanya empat program studi yakni teknik mesin, teknik sipil, teknik listrik dan teknik pertambangan, di tahun depan pihaknya sedang menyusun program semua minat mahasiswa untuk melanjutkan ke jenjang D IV atau sarjana terapan.

Untuk melanjutkan jenjang DIII ke DIV masih terkendala dengan titel para dosen. Dosen yang ada masih S1 dan harus menjadi S2 teknik. Menyadari S2 teknik cukup sulit, maka kampus sudah mulai konsisten dengan sekolah para dosen untuk ke jenjang S2 teknik. Sejak 2014 hingga saat ini tersisa 6 dosen yang belum S2 teknik. Ke enam dosen ini masih sedang studi lanjut di Unhas yang akan juga mengantongi S2 teknik.

“Di tahun 2021 nanti kami bisa penuhi kualifikasi 20 dosen S2 teknik, sehingga kemudian kami lebih leluasa untuk pengajuan jenjang DIII ke DIV,” tutupnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *