oleh

Pergantian Alm Luther Wakerkwa, Bawaslu Masih Menunggu Surat dari KPU

TIMIKA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mimika hingga kini juga masih menunggu surat tembusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk penggantian almarhum Luther Wakerkwa di kursi Legislatif 2019-2024. Sampai saat ini, sejak meninggalnya Politisi Partai Demokrat pada bulan lalu ini, Bawaslu belum menerima tembusan surat dari KPU sehingga penggantian yang bersangkutan belum bisa dilaksanakan.

Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu, Yonas Yanampa saat ditemui Radar Timika, Rabu (2/12) di Jalan C Heatubun. Dikatakan, berdasarkan aturan untuk penggantian anggota Legislatif karena meninggal dunia, pihak Partai Politik (Parpol) yang mengusung almarhum menyurati KPU lalu tembusannya ke Bawaslu.

“Jadi Parpol usulkan surat ke KPU untuk penggantian almarhum dan tembusannya ke kami. Tapi sampai saat ini kami belum mendapatkannya,” ujar Yonas.

Menurutnya, Bawaslu dalam hal ini hanya memastikan jika surat yang diajukan oleh Parpol yang diberikan oleh KPU nantinya tetap dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.
Nantinya dengan surat dari Parpol ini, KPU sebutnya akan memeriksa data yang ada dan ketika sudah valid, maka akan segera memplenokannya untuk Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota legislatif.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *