oleh

Prioritas Vaksin Covid-19: Punya NIK dan BPJS Kesehatan

TIMIKA – Pemerintah menargetkan pemberian vaksin dilakukan pada Tahun 2021 mendatang. Namun warga yang menjadi target vaksinasi akan diseleksi. Pemerintah pusat bahkan sudah menyiapkan skenario yang nantinya ditindaklanjuti oleh Pemda Mimika.

Beberapa hari lalu Pemda Mimika sudah mengikuti virtual meeting dengan empat meteri sekaligus yakni Menteri BUMN, Menteri Kesehatan, Menteri Kominfo dan Menteri Dalam Negeri. Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra mengatakan anggaran vaksinasi tidak semua dari pemerintah pusat tapi juga harus ada alokasi anggaran dari APBD kabupaten.

Intinya dikatakan Reynold, pada Tahun 2021 dilaksanakan vaksin. Namun ada yang dilakukan secara mandiri dan juga disiapkan oleh pemerintah. Pemberian vaksin juga ada kriteria dan menggunakan data penduduk Disdukcapil serta data BPJS Kesehatan.

Dinkes akan melakukan persiapan salah satunya soal data penduduk. Penduduk yang punya NIK akan didata serta memiliki kartu BPJS Kesehatan. “Karena itu warga Mimika sesegera mungkin mendaftarkan diri mengurus KTP supaya haknya mendapat vaksin bisa dapat,” jelasnya.

Mengenai pengiriman, pusat akan distribusi vaksin sampai di daerah. Tapi di tingkat kabupaten harus menjangkau daerah terpencil, sehingga harus ada kerjasama dari Pemda Mimika untuk pembiayaan distribusi vaksin.

Demikian halnya penyimpanan harus disiapkan karena vaksin disimpan pada suhu minus 70 derajat Celsius. “Petugas kesehatan harus kami data. Mereka harus terlatih, mengukur bagaimana kejadian pasca imunisasi. Apakah ada efek pasca imunisasi itu juga jadi penting,” terangnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *