oleh

Pembahasan RAPBD 2021 Tetap Berjalan

TIMIKA – Sempat diwarnai aksi walk out oleh beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2021 dipastikan tetap berlanjut.

Tetap dilanjutannya pembahasan RAPBD itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang juga adalah Sekretaris Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Ir Yohana Paliling, MSi yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Kamis (3/12) kemarin.

Pembahasan RAPBD antara TAPD Mimika mewakili eksekutif dan DPRD Mimika digelar di Hotel Harris Bekasi. Menurut Yohana, pembahasan direncanakan belangsung sampai hari ini jika semuanya berjalan lancar.

Yohana mengakui, ada beberapa anggota DPRD yang sempat walk out saat pembahasan Rabu (2/12) lalu. Menurutnya itu hal yang wajar karena adanya perbedaan pendapat. Tapi akhirnya semua kembali berjalan dan semua anggota dewan dipastikan mengikuti pembahasan.

Sebelumnya Yohana Paliling mengatakan, dengan situasi sekarang ini maka proyeksi APBD Mimika tidak akan menyentuh angka Rp 4 triliun. Turun dari APBD induk Tahun 2020. Pemda Mimika realistis dalam menetapkan anggaran. Kalaupun dalam perjalanan keadaan ekonomi membaik, maka itu bisa dituangkan dalam APBD Perubahan. “Jangan kita target tinggi lalu tidak bisa capai kita bisa berhutang lagi tahun depan. Yang terjadi selama ini gali lubang tutup lubang,” jelas Yohana.

Dalam penyusunan terutama penetapan proyeksi APBD, Pemda Mimika mengacu pada situasi ekonomi sekarang ini. “Karena situasi Covid-19 pengaruhi pendapatan jadi belanja kita sesuaikan. Jadi hal-hal yang memang benar-benar penting atau urgen baru kita lakukan,” ujarnya.

Layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan serta infrastruktur pendukung tetap menjadi fokus belanja daerah Tahun 2021 mendatang. Itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah yang tertekan karena pendapatan menurun sebagai dampak pandemi Covid-19. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *