oleh

Bantuan Sosial Tunai Harus Tepat Sasaran

TIMIKA – Pembayaran Bantuan Sosial Tunai tahap 7, 8 dan 9 dengan jumlah Rp 300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta pembayaran Bantuan Sembako Tunai kepada KPM dengan jumlah Rp 400 ribu diharapkan dapat sesuai nilainya.

Walaupun kini Menteri Sosial, Juliari Batubara tengah tersandung kasus korupsi Bantuan Sosial (Bansos), namun para wakil rakyat berharap baik Bantuan Sosial Tunai maupun Bantuan Sembako Tunai yang diterima oleh masyarakat sebagai KPM di Kabupaten Mimika tidak berkurang dari sisi jumlah nilai bantuan tersebut.

Anggota Komisi B, Aloisius Paerong kepada Radar Timika, Senin (7/12) mengatakan, bantuan sosial tunai maupun bantuan sembako tunai dari pemerintah diharapkan sampai ke masyarakat. Apalagi, khususnya bagi masyarakat beragama Nasrani yang kini juga sangat membutuhkan bantuan ini untuk tambahan dana menghadapi Hari Raya Natal.

“Tentunya harapan dewan harus sampai ke masyarakat sesuai nilai dan waktu yang tepat, apalagi banyak masyarakat khususnya yang Nasrani mengharapkan ada tambahan dana untuk menghadapi Natal,” ujarnya.

Politisi Partai Perindo ini mengatakan juga jika dana yang digulirkan untuk masyarakat yang benar-benar berhak ini tidak dipotong atau dikurangi nilainya. Selain berharap tidak terjadi pengurangan, Aloisius juga mengatakan jika harus ada pengawasan agar bantuan ini tidak disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Jangan dikurangi, apalagi kalau sampai tidak merata di semua masyarakat yang membutuhkan (masyarakat tidak mampu) dan perlu dilakukan pengawasan agar bantuan seperti ini tadak disalahgunakan atau tidak langsung ke masyarakat tidak mampu,” jelasnya.

Pemerintah lanjutnya, harus transparan dalam menyampaikan program BLT ini dan harus memastikan bahwa tidak dinikmati oleh pengelola sampai pada tingkatan RT karena sering kita dengar ada bantuan pemerintah tapi hanya informasinya yang sampai ke masyarakat namun tidak langsung ke yang membutuhkan. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *