oleh

Stok Bahan Pokok Jelang Natal Dipastikan Aman

TIMIKA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten memastikan persediaan atau stok bahan pokok jelang natal dan tahun baru dalam kondisi aman. Itu disampaikan Kepala Disperindag Mimika, Michael Gomar ketika ditemui wartawan di Hotel Horison Ultima, Jumat (4/12).

Ketersediaan bahan pokok menjadi kunci stabilnya harga di Mimika. Agar tidak ada permainan harga Disperindag melakukan pengawasan mulai dari tingkat distributor hingga pengecer. Itu dilakukan untuk memastikan tidak ada penimbunan yang bisa mengakibatkan kelangkaan dan berdampak pada harga barang.

Sejauh ini menurut Gomar, stok sembako di Mimika sangat tersedia. Disperindag sudah berkoordinasi dengan Bulog Timika dan mendapat jaminan ketersediaan beras hingga awal Tahun 2021 mendatang. Begitu pun dengan komoditi lainnya seperti telur ayam, minyak goreng dan lainnya. “Pokoknya sembako tersedia jelang akhir tahun,” katanya.

Salah satu intervensi untuk menjaga kestabilan harga, Disperindag akan menggelar operasi pasar yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua. Operasi pasar ini rencananya digelar minggu ini. “Teknis pelaksanaan kita akan atur supaya tidak terjadi kerumunan massa sesuai dengan penegakan protokol kesehatan,” terangnya.

Selain sembako, Disperindag juga akan melakukan pengawasan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk memastikan tidak adanya kelangkaan untuk semua jenis. Mulai dari premium, solar hingga minyak tanah yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Tidak hanya di SPBU, tim akan menertibkan pedagang yang menjual BBM secara eceran di kios. Sebab menurutnya, ini bisa dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk meraup keuntungan ketika masyarakat sangat membutuhkan.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *