oleh

Freeport Siap Dukung Pengembalian Warga Tiga Kampung ke Tembagapura

TIMIKA – Vice President (VP) Community Relation and Human Right PT Freeport Indonesia (PTFI), Arnold Kayame, Senin (14/12) di Kantor DPRD, mengatakan pihaknya siap mendukung pengembalian warga tiga kampung yakni Banti I, Banti II dan Opitawak untuk kembali ke Distrik Tembagapura. PTFI sendiri sebutnya siap memberikan fasilitas transportasi untuk kepentingan pemulangan warga ke tiga kampung ini. “Kita akan fasilitasi soal transportasi,” ujar Arnold.

Lanjutnya, untuk memberikan dukungan lainnya selain transportasi pihaknya bersama tim terpadu yang terdiri dari Pemda, TNI/Polri dan DPRD akan terlebih dahulu ke tiga kampung ini untuk melihat situasi terkini di sana.

Pada tanggal 17 sesuai jadwal, tim sebutnya akan melihat langsung tiga kampung ini. Setelahnya barulah tim akan membagi peran dan tanggung jawab.

“Kita akan ikuti dan laksanakan apa yang nanti kita tetapkan bersama tim terpadu setelah balik dari tiga kampung,” jelasnya.

Dikatakan Arnold, PTFI sebutnya siap mendukung upaya apapun yang akan dilakukan oleh Pemda demi kepentingan warga tiga kampung ini. Dengan jaminan keamanan yang kondusif, sebutnya PTFI siap melaksanakan kesepakatan sesuai kondisi di lapangan.

Jika selama 9 bulan lebih pasca eksodus warga tiga kampung ke Timika karena aksi KKB, PTFI menghentikan kegiatan-kegiatan dan program kemitraan baik pendidikan, ekonomi maupun kesehatan, maka setelah kunjungan bersama ini, pihaknya siap melaksanakan program-program tadi.

“Jika kondisi keamanan sudah terjamin, maka kita siap bekerja kembali seperti biasa. Karena kita selalu bersama masyarakat,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *