oleh

Lampu Jalan di Yos Sudarso, Terpasang 93, Yang Menyala Hanya 10

TIMIKA – Langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika untuk menerangi jalan umum di Kota Timika patut di apresiasi. Beberapa ruas jalan yang sebelumnya dalam kondisi gelap karena minim penerangan pada malam hari sekarang sudah semakin terang.

Pemasangan lampu penerangan di Mimika ditangani oleh dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sekaligus. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

Dinas PUPR memasang lampu jalan di Jalan Hasanuddin, Jalan Cenderawasih dan sebagian di Jalan Yos Sudarso. Lampu di Jalan Hasanuddin sudah menyala menggunakan jaringan listrik PLN. Begitu juga di Jalan Yos Sudarso yang sudah menyala menggunakan panel solar cell. Namun yang di Jalan Yos Sudarso hanya sampai di depan jalan menuju SMP Negeri 7.

Selanjutnya mulai dari depan jalan SMP Negeri 7 sampai di SP 1, lampu jalan dipasang oleh Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan menggunakan solar cell. Lampu yang dipasang Dinas PUPR tampak berbeda karena tiangnya tampak polos. Berbeda dengan yang dipasang Dinas Perumahan yang sedikit menggunakan ornamen.

Lampu jalan sudah diinstalasi sejak sepekan lalu. Bahkan sudah hampir terpasang seluruhnya sampai di SP 1. Tapi anehnya, lampu itu hanya beberapa yang menyala. Radar Timika mencoba menelusuri dan menghitung lampu yang sudah terpasang pada Senin (14/12) malam lalu. Lampu yang sudah terpasang di sepanjang median jalan ada 93. Tapi yang menyala hanya 10. Itupun pada satu tiang yang bercabang dua dengan dua lampu, hanya satu lampunya yang menyala.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Yunus Linggi yang dikonfirmasi Radar Timika Selasa (15/12) kemarin mengatakan lampu itu memang masih dalam proses instalasi. Untuk menghidupkannya pun menggunakan remot. (sun)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *