oleh

Wamen PUPR Targetkan Jalan Trans Papua Tuntas Sebelum 2024

TIMIKA – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus menggenjot pembangunan jalan Trans Papua untuk membuka konektivitas antar kabupaten, bahkan provinsi di Papua dan Papua Barat.

Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo yang ditemui di sela-sela kunjungannya di Timika untuk melepas pengiriman tailing, Kamis (15/12) di Mile Point 11 mengatakan, beberapa ruas jalan Trans Papua sudah terhubung bahkan sudah fungsional.

Seperti ruas Wamena – Jayapura kini bisa dimanfaatkan untuk distribusi barang yang dulunya melalui pesawat kini bisa melalui jalur darat. “Mobil truk untuk angkut barang lewat darat dari Jayapura ke Wamena sudah bisa,” ujarnya.

Bahkan jalan lintas provinsi yang terhubung melalui Nabire dan Manokwari juga sudah tembus. Ruas jalan ini juga sangat dimanfaatkan masyarakat selama pandemi Covid-19 ketika penerbangan ditutup maka masyarakat bisa lewat darat dari Nabire ke Manokwari. Itu artinya kata John, sudah ada koneksi antar provinsi Papua dan Papua Barat.

Pembangunan ruas tersebut terus dilanjutkan. Kemen PUPR mengerjakan jalan dalam program penanganan ruas jalan nasional yang dibagi dalam tiga segmen yaitu segmen 1, 2 dan 3. Untuk segmen 1 dan 3 sudah selesai lelang. Hanya untuk segmen 2 belum yakni ruas Wendesi Papua Barat ke Nabire. “Kita ingin itu aspal mulus supaya mobilitas masyarakat ini musti harus lewat darat tidak bergantung pesawat,” katanya.

Ruas jalan Trans Papua di wilayah pegunungan tengah Papua juga sedang dirintis. Seperti jalan lingkar perbatasan dari Pegunungan Bintang ke Boven Digoel. Kemudian dari Yahukimo ke Nduga. “Saya terus berjuang supaya sebelum Pak Presiden berakhir di tahun 2024 semua jalan tersambung,” tandas John Wetipo.

Ruas Timika-Nabire juga sebenarnya sudah tersambung cuma gradenya masih tinggi, sehingga harus ada penurunan. Kemen PUPR sebagai penanggujawab kata John tetap punya kewajiban tidak hanya membangun tapi dilakukan pemeliharaan setiap tahun. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *