oleh

BPJAMSOSTEK Sudah Siapkan Data Pekerja untuk Vaksinasi

TIMIKA – Pemerintah sudah mempersiapkan jutaan vaksin. Beberapa kelompok akan menjadi prioritas, termasuk kelompok pekerja. Dari rapat tim percepatan pemulihan ekonomi nasional dan Satgas Covid-19, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) ditugaskan untuk menyiapkan data para pekerja, termasuk di Mimika.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Mimika, Verry Boekan yang ditemui Radar Timika di kantornya, Kamis (17/12) kemarin mengatakan, data pekerja sudah dipersiapkan. Total peserta kategori penerima upah yang aktif di Mimika di sebanyak 37.581 peserta.

Data peserta ini kata Verry, harus dimutakhirkan dan dilengkapi lagi. BPJAMSOSTEK akan meminta perusahan untuk melengkapi data mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang harus valid, nomor handphone, alamat tempat tinggal dan alamat email.

Data ini akan digunakan oleh pemerintah untuk memfilter nama calon penerima vaksin. Presiden sudah mengumumkan bahwa vaksin gratis bagi masyarakat, tapi tetap ada kriteria utamanya pada kelompok prioritas, salah satunya pekerja. “Sama halnya tenaga kesehatan yang jadi prioritas, kemudian ada TNI, Polri, ASN termasuk guru dan tenaga kependidikan,” ujarnya.

Jadi memang lanjut Verry, pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK menjadi prioritas. Sebab pekerja berkontribusi dalam perekonomian dan inilah salah satu tujuan vaksin, yakni untuk mencegah penularan Covid-19 juga membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

BPJAMSOSTEK diungkapkan Verry, sudah menyiapkan data sejak Oktober lalu. Jadi ketika pemerintah membutuhkan data maka sudah siap. Hanya saja update data masih terus dilakukan untuk memastikan seluruh peserta bisa mendapatkan vaksin nantinya. Karena jika tidak terdaftar, maka ada pekerja yang tidak akan dapat. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *