oleh

Peserta Didik Bintara Polri Belajar Langsung Dengan Mentor, Di Masing-Masing Polsek

TIMIKA – Sebanyak 24 siswa SPN Jayapura ditambah dua orang beserta tiga Polwan lainnya yang direncanakan akan datang, dipastikan akan menjalani pendidikan kepolisian di masing-masing satuan Polsek yang ada di Timika. Hal ini disampaikan, Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata melalui Kabag Sumda, AKP Pilomina Ida Waymramra, Jumat (18/12).

AKP Ida menjelaskan, para siswa saat ini sedang menjalani kuliah yang dilakukan secara online. Sedangkan Polda Papua berharap ada mentor agar peserta didik kepolisian tersebut bisa melakukan tugasnya dengan baik.

“Sudah dipetakan. Wilayahnya mereka nanti untuk menjalani mentor tersebut yakni di Mapurujaya, Kuala Kencana dan Mimika Baru,” ujarnya.

“Nanti dari Polres ada mentor khusus untuk mengawasi kegiatan belajar mereka setiap hari. Mereka kurang lebih akan ada selama tiga bulan di Polres untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh karena pandemic Covid-19,” sambung AKP Ida.

Untuk pendidikan, dijelaskannya, dilakukan secara online dan termasuk pemberian materi. Para siswa dipastikan telah membentuk grup yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Polri (Lemdik) sesuai dengan pleton masing-masing.

“Kegiatan mereka sudah diarahkan mulai dari bangun pagi, olahraga, makan, apel dan belajar. Itu sudah diarahkan untuk diikuti. Polres Mimika diarahkan untuk mengawasi,” ungkapnya.

Ia mengatakan pula, penempatan peserta didik Polri tersebut di wilayah yang ditunjuk sesuai dengan rumah peserta didik. Pemetaan peserta didik sesuai dengan wilayah rumah itu juga dinilai, akan mempermudah mentor untuk mengawasinya. Hal itu akan dievaluasi di setiap minggu ataupun per bulannya.

Untuk pelaksanaan “terjun lapangan” di masing-masing Polsek, kata AKP Ida, direncanakan dilakukan setiap hari Rabu. Selain tiga Polsek yang disebutkan sebelumnya, AKP Ida juga menambahkan dua polsek lainnya yakni Polsek Bandara dan Polsek Pelabuhan.

“Di sana selain materi yang mereka dapat, mereka bisa juga melihat langsung proses yang terjadi di lapangan. Tapi mereka tidak dilibatkan langsung untuk penanganan TKP. Mereka hanya akan diarahkan mentor dan menerima penjelasan seperti berkaitan dengan Reskrim, intel maupun lalu lintas,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *